Mengasah Empati Murid

Mengajari nilai-nilai Pancasila pada murid jika hanya secara teori, in my opinion kurang efektif. So… aku minta mereka pergi mengunjungi panti sosial, boleh itu panti asuhan  (yatim piatu), boleh juga panti jompo. Melakukan wawancara sambil memperhatikan aktivitas di panti sambil tentunya berbagi rizqi. Kerja kelompok dengan harus menjaga kekompakan dan nama baik sekolah.

Pengamalan nilai sila kedua ini tentunya kuharapkan tidak hanya dilakukan satu kali saja, demi memenuhi tugas Pendidikan Kewarganegaraan.. Berkesinambungan, istiqomah dalam melakukan kebaikan.

Kuberi waktu selama 2 minggu dan alhamdulillah... 95% murid melakukan seperti yang kuharapkan. Bukti fisik mereka selain formulir yang berupa daftar pertanyaan dilengkapi tanda tangan orang-orang yang diwawancarai, juga ada foto dan video oleh beberapa kelompok. Good job🙂

pkn-tgs-7tgs-panti-2pkn-tgs-9tgs-panti-1

tgs-panti-4tugas-kls-8

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s