1 Muharram 1438 Hijriah

Umat Islam memiliki tahun baru sendiri yang dinamai tahun Baru Hijriah. Hijriah diambil dari kata “hijrah” yang berarti “pindah”.

Pindah di sini tentulah dikaitkan dengan peristiwa pindahnya Nabi Muhammad SAW yang saat itu ditemani oleh sahabatnya tercinta, Abu Bakar dari Mekkah ke Madinah karena Nabi Muhammad SAW akan dibunuh oleh sekelompok pemuda kafir yang benci atas dakwahnya di Mekkah.

Kalender Hijriah sendiri ditemukan di masa kepemimpinan khalifah Umar bin Khatab. Patokan penanggalannya dari bulan, kebalikan dari kalender Masehi yang berpatokan dari matahari.

Kehadiran tahun baru Islam bagi muslim di Indonesia tidak semeriah tahun baru yang jatuh tiap tanggal 1 Januari. Mungkin banyak yang belum paham atau belum tahu bahwa betapa banyak peristiwa penting kenabian yang terjadi di bulan Muharram sebagai bulan awal tahun baru Hijriah. Antara lain, kejadian Nabi Adam a.s yang mendapat pengampuan dari Allah SWT atas kesalahannya telah melanggar perintahNya untuk tidak memakan buah quldi. Juga Nabi Yunus a.s. yang dikeluarkan Allah dari kegelapan perut ikan karena telah kurang sabar meninggalkan kaumnya yang durhaka.

Ada beberapa amalan yang seyogyanya kita lakukan di bulan Muharram seperti puasa sunnah pada tanggal 9 dan 10 Muharram. Juga memperbanyak sedekah (terutama bagi anak-anak yatim) dan shalat dhuha. Insya Allah pahalanya sangat besar,…

tahun-baru-hijriahSelamat Tahun Baru 1 Muharram 1438 Hijriah...

Semoga menjadi tahun yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya…, semoga semakin banyak kebajikan yang bisa ditunaikan…, dan semoga semua amal kebajikan kita diterima Allah SWT, aamiin….

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s