Merenungi Kemerdekaan Indonesia

upacara HUT RI 71Setiap tanggal 17 Agustus bangsa Indonesia memperingati hari kemerdekaan. Ditandai dengan upacara bendera di semua instansi pemerintah dan sekolah-sekolah, terutama tentunya di Istana Negara yang dipimpin langsung oleh Presiden sebagai  kepala negara. Indonesia merdeka!

Betulkah Indonesia sudah merdeka??… Menyimak Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai konstitusi Indonesia, khususnya alinea keempat yang menjabarkan tentang tujuan negara ini. Apakah tujuan negara tercinta sudah tercapai semua di hari ulang tahun ke 71 ini?

Pertama, melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. Sudahkah seluruh rakyat Indonesia merasa aman dan nyaman berada di bumi pertiwi ini? Keadilan hukum bagi rakyat sudahkah berjalan baik? Sadarkah pemerintah adanya “ancaman” terutama dari dalam negeri akibat rasa nasionalisme yang terkikis di diri sebagian generasi muda? Berikut juga alam, hutan, bahan galian, sumber daya laut, yang menjadi kekayaan negeri, apakah terjaga baik?

Kedua, memajukan kesejahteraan umum. Apakah seluruh rakyat Indonesia sudah sejahtera hidupnya? Bukankah masih banyak mereka yang hidup di bawah garis kemiskinan dengan memiliki anak-anak yang kurang gizi atau gizi buruk, pengangguran yang menimbulkan kriminalitas atau masalah-masalah sosial? Memang sudah ada yang namanya otonomi daerah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan daerah dan lembaga negara khusus menangani korupsi, apakah sudah berjalan lancar?

Ketiga, mencerdaskan kehidupan bangsa. Apakah pemerintah sudah berani menjamin bahwa seluruh rakyat Indonesia sudah menikmati pendidikan? Program wajib sekolah 9 tahun, apakah betul-betul murni bebas biaya pada para siswa dari keluarga tidak mampu? Cerdas yang dituntut pada tiap anak bangsa, apakah seimbang antara kecerdasan intelektualitas dengan kecerdasan spiritual (agama)? As we know, most of the corruptors come from educated-well person... atau mereka yang memiliki wewenang atas keputusan terhadap asset negara, tentulah bukan orang yang tidak kenal sekolah kan? Lantas, kenapa bisa terjadi ada asset negara yang dijual ke asing atau perusahaan asing dibiarkan menguasai kita… siapa orang cerdas yang bertanggung jawab? 1 contoh yang sampai kini masih terjadi adalah kasus Freeport, di mana perusahaan Amerika “dibiarkan” mengeruk keuntungan yang sangat besar dari kekayaan alam yang ada di negeri ini!

Terakhir, ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Ya… patut diakui bahwa banyak  partisipasi bangsa dalam hal menjaga perdamaian dunia. terutama kontingen Garuda ke Perang Teluk. Namun bagaimana dengan kaum Rohingya, tetangga kita sendiri… sampai mereka harus mengungsi termasuk ke negara kita… seriuskah pemerintah mengupayakan perdamaian di negara mereka, Myanmar? Semoga peranan bangsa Indonesia di dunia internasional tetap berlanjut, terhadap bangsa atau etnis apa pun itu… karena kita wajib menghargai perbedaan. Semua manusia adalah mahluk Allah yang punya hak asasi untuk merasakan hidup aman dan tentram bahkan merdeka dari penjajahan dan penindasan.

nasionalisme 2Indonesia .. bangkit!!!  Jangan jadikan peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus sekedar seremonial atau rutinitas belaka… maknailah arti merdeka sesungguhnya. Cintailah bumi pertiwi ini dengan kesungguhan hati dan kesadaran untuk bertanggung jawab menjaga keberadaan, harga diri, dan martabat bangsa. Indonesiaku… negeriku… 71 tahun usiamu, semoga mampu menjadi negara yang selamat dan maju dengan anak-anak bangsanya yang amanah, beriman, pintar, dan punya nasionalisme tinggi, aamiin…. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s