Berbagi Kebahagiaan Dalam Kebersamaan

Ramadhan ya Ramadhan… bulan suci nan barokah bagi umat Islam. As usual, aku bersama teman-teman FHUI 91 melakukan gerakan sosial, baksos (bakti sosial). Tujuan utama adalah menggali ladang untuk bekal pulang kami ke akherat kelak. Target kami adalah kaum dhuafa yang tinggal di sekitar kampus kami di Depok. Berdasarkan survey 3 minggu sebelum hari H yang aku lakukan bersama sahabat Eva dan Ira, kami pun memutuskan daerah Kukusan, di belakang Fakultas Tehnik. Mesjid al Muhajiddin Kukusan kami pilih untuk lokasi penyaluran sembako. Mesjid Kukusan 5Mesjid Kukusan 3Mesjid Kukusan 2Mesjid Kukusan 6

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.” (Q.S. 2 al Baqarah : 245)

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah seperti dengan sebiji / sebutir benih yang menumbuhkan tujuh tangkai (bulir), pada tiap-tiap tangkai pula ada seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (Q.S 2 al Baqarah: 261)

Alhamdulillah… rencana awal kami membagi para dhuafa sembako sejumlah 100 paket ternyata bertambah dan bertambah terus… Teman-teman yang menjadi donatur terlihat saling berlomba ingin mendapatkan pahala dari amalan kebaikan yang dilakukan. Terlebih jaminan ganjaran yang berlipat di bulan suci  yang pasti menjadikan motivasi kuat teman-teman, selain semangat kebersamaan yang selalu terjaga. Saat deadline, penerimaan terakhir menjadi 648 paket sembako dari 39 donatur.

baksos 9bqkwow 19Mencoba untuk bijak dan adil, maka kami memutuskan semua jumlah tersebut tidak akan dibagikan di satu tempat saja. Dhuafa di sekitar Mesjid Al Mujahiddin berjumlah 220 orang dan tiap mereka akan menerima 1 paket sembako seharga Rp 100.000,00 disertai amplop yang masing-masingnya berisi Rp 100.000,00  Sedangkan sisanya, uang tunai sebesar Rp 16.500.000,00 diserahkan kepada Organisasi Persaudaraan Muslimah wilayah Depok untuk dibelikan sembako sebanyak 110 paket seharga sama seperti di daerah Kukusan, Rp 100.000,00 disertai uang tunai Rp 50.000,00 per amplop. Sisanya, infaq untuk Mesjid Al Mujahiddin sebesar Rp 1.000.000,00  Alhamdulillah…baksos 17-2   Ada pun isi dalam tiap paket sembako yang kami bagikan adalah beras 2kg, minyak goreng 1lt, kecap, sarden, susu kaleng, syrop, gula pasir 1kg, teh celup, dan mie instan 5 bungkus. Khusus untuk syrop kami beli di Carefour, sedangkan yang lainnya pesan dari agen drosir yang kenetulan lokasinya tidak jauh dari sekolahku.

Hari H tiba,  Minggu (26/6/2016). Paket sembako selesai semua. Kerja sama berjalan baik dengan pihak mesjid, grosir, teman-teman panitia maupun donatur, sampai pihak go-box yang mendistribusikan paket-paket tersebut ke Mesjid Al Mujahiddin Kukusan Depok. Barang diangkut sekitar pukul 10.oo untuk mengantisipasi kemacetan yang parah di daerah Depok. Aku sendiri berangkat ke sana menyusul sejam kemudian bersama teman-teman yang sengaja menjemputku.

baksos 12Rasa kantuk dan lelah terobati dengan melihat ekspresi kebahagiaan para penerima paket sembako. Sempat cemas saat hujan turun medekati waktu shalat ashar, padahal waktu pembagian sudah ditentukan bada’ ashar. Menurut teman-teman yang tinggal di Depok, hujan di sore hari sudah biasa di sana. Sehingga saat pengambilan sembako tersebut, para dhuafa yang hadir tidak bisa langsung serentak di waktu yang sama. Sebagian hadir menjelang maghrib. Paket sembako diatur ke 5 meja. Dhuafa yang berhak mengambil paket adalah mereka yang memiliki kupon yang sudah diberikan oleh pihak mesjid sehari sebelumnya. Sekitar 5 orang sampai kami terakhir di sana selesai taraweh, tidak hadir. Jadi kami minta pihak dari mesjid yang mengambil alih tanggung distribusi sembako kepada mereka yang belum bisa hadir. Over all, lancar….

Buka bersama kami dengan pihak mesjid diiringi sebelumnya dengan tausiyah singkat dari salah seorang teman yang memiliki ilmu agama baik, Joko Prabowo. Ta’jil dari pihak mesjid berupa minuman, kurma, dan gorengan dilengkapi dari kami berupa kue sus, muffin mini, nastar jumbo, pepe, pastel, lemper, sampai es kelapa muda dan pudding dalam cup. Masya Allah…baksos 8

Alhamdulillah wa syukurillah... semua ini terjadi dengan ijin Allah SWT dan kami sebagai panitia maupun teman-teman donatur tentunya sangat berharap Allah SWT meridhoinya dan  menerimanya sebagai amal kebajikan di bulan suci Ramadhan. Semoga kami tetap bisa istiqomah dalam berbuat kebajikan dan iman selalu tertancap di hati kami sehingga kami selamat dunia akherat, aamiin… baksos 23baksos 24

baksos 22baksos 15baksos 20baksos 18

baksos 16

baksos 6baksos 4baksos 13

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s