Menjadi Pengawas UN 2016

Hari ini, Kamis (12/5/2016) adalah hari terakhir pelaksanaan UN tingkat SMP. Alhamdulillah... 4 hari sudah semua siswa SMP menjalani ujian, mulai dari pelajaran Bahasa Indonesia,, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA. Setiap kelas yang kumasuki berjumlah 20 siswa dan semua terus hadir. Tiap kelas berisikan 2 orang pengawas. Jadi aku bisa berkenalan dengan mereka yang berasal dari sekolah lain.

Pengalaman pertama menjadi pengawas di sekolah negeri Jakarta, ternyata ada perbedaan antara guru  yang sudah PNS dan yang masih honorer. Mereka yang masih berstatus honorer tidak akan mendapat “uang lelah” jika tidak mendapat jatah kelas. Aku yang berasal dari sekolah swasta termasuk yang harus mengalah untuk memberikan jatahku kepada mereka yang masih honorer di hari kedua mengawas. Aku menjadi pengawas cadangan.

Ada hal yang unik, pelaksanaan ujian sebetulnya tidak di sekolah yang asli melainkan menumpang di gedung SD 05 dan 07 yang terletak tidak jauh dari SMPN 164. Aku yang awalnya tidak tau dengan tenangnya datang ke gedung sekolah yang sebenarnya. Bingung… karena kondisi sepi…tidak ada siapa-siapa kecuali seorang penjaga sekolah. Kuperhatikan… loh, gedungnya sedang direnovasi rupanya …. Untunglah kejadian itu di hari aku baru akan rapat dan perkenalan. Menurut kepala sekolah, kondisi tersebut sudah berlangsung selama 4 tahun. Jadiii… siswa yang sekarang UN sebetulnya tidak pernah merasakan sekolah di gedungnya sendiri. Tentulah karena itu sekolah negeri maka yang harus bertanggung jawab adalah pemerintah.  Apakah tidak ada dana?? …. Padahal siswanya sangat banyak dan lokasinya cukup strategis. Sayang sekali…. SMPN 164 JAKSELRenovasi SMPN 164

Semoga saja renovasi  SMPN 164 segera selesai sehingga tahun depan tidak terjadi lagi kondisi harus berbagi kelas siswa peserta UN dengan siswa SD yang akan belajar. Semoga saja pemerintah yang terkait, baik itu DPRD maupun kepala daerah lebih peduli terhadap kemajuan pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s