“Gerhana Matahari Total” Terjadilah…

GMT fullHari Rabu, 9/3/2016,  terjadi peristiwa “akbar” yang tidak akan terlupakan oleh tiap insan di bumi ini.  Suatu kejadian alam di mana matahari ditutup penuh oleh bulan atau disebut Gerhana Matahari Total (GMT). Konon, saat itu bulan sama besar atau bahkan bisa lebih besar daripada matahari. Ukuran matahari dan bulan sendiri berubah-ubah, tergantung pada jarak bumi-bulan dan bumi-matahari.

Sang Pemilik Alam Semesta mentakdirkan GMT terjadi “hanya” di Indonesia. Tidak semua tempat, memang… Beberapa tempat saja seperti Palembang, Bangka Belitung, Palu, sampai Papua. Jakarta? Banyak orang yang menuju ke Planetarium. Aku sendiri memilih melihat fenomena indah itu dari layar televisi saja.

GMT 1Takjub, haru, bersyukur… karena sudah diberi kesempatan menikmati GMT, menyadari adanya keagungan dan kekuasaan Allah SWT karena sehebat apa pun manusia tidak akan ada yang mampu membuat gerhana, baik matahari maupun bulan. Mengingat hadist Rasulullah SAW berkata  “Sesungguhnya matahari dan bulan tidak terjadi karena kelahiran atau kematian seseorang, melainkan keduanya sebagai tanda-tanda kebesaran Allah.  Oleh sebab itu jika kalian melihatnya, maka berdoalah kepada Allah dan tunaikan shalat hingga matahari nampak kembali.”  (HR Muslim).

Allahu Akbar… Allahu Akbar… Maha Besar Engkau, Ya Allah… semoga GMT ini bukan menjadi pertanda akan banyak musibah di Indonesia.  Semoga semakin banyak orang yang selalu mengingatNya di mana pun dan kapan pun, serta selalu dapat melihat peringatanNya dan tunduk pada perintahNya, aamiin….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s