Pelatihan Ujian Sekolah 2016

Hari Sabtu (27/2/2016)  SMP Bakti Mulya 400 menjadi tuan rumah diadakannya pelatihan pembuatan soal Ujian Sekolah  se-kecamatan Kebayoran Lama. Tidak kusangka aku diikut sertakan mengikuti pelatihan tersebut bersama 8 orang rekan yang mewakili dari masing-masing mata pelajaran yang akan diujikan nanti.. Sangat kusyukuri  karena ini bagiku penting dan manfaat, alhamdulillah…. Lebih kusyukuri saat aku tau pelatihan diadakan di sekolahku, sehingga aku tidak perlu susah-susah cari lokasi.

Plthn US 1Dimulai pukul 08.30, terlambat 30 menit dari jadwal yang seharusnya. Diikuti oleh 23 sekolah, tidak hadir wakil dari SMP Binus, SMP Tirta Marta, dan SMP BPK Penabur. Diadakan di Ruang AVI, tempat yang biasa digunakan rapat atau acara penting. Setelah pembukaan oleh ketua panitia dan tentunya Kepala Sekolahku sebagai tuan rumah, sang pemberi ilmu pun datang. Ibu Dra Eri Iriandhini, S.E.; M.M. Dalam waktu yang tidak lama hanya sekitar 1, 5 jam kami mendapatkan ilmu bagaimana cara pembuatan soal yang terbaik. Intinya guru saat akan membuat soal ujian harus memperhatikan materi, konstruksi, dan bahasa.

Materi berarti sesuai Indikator yang terdapat pada Kisi-kisi. Selama ini aku membuat soal ujian sendiri berdasarkan kisi-kisi yang diberikan oleh sanggar. Serta pilihan jawaban harus homogen dan logis. Dengan adanya pelatihan, aku mendapat tambahan ilmu, baik itu secara teori yang kemudian dilanjutkan  praktek dengan kelompok masing-masing. Kelompoknya sesuai pelajaran kita masing-masing.

Kelompok pelajaranku, PKn bersama dengan kelompok pelajaran Agama di kelas 8.2. Guru PKn berjumlah 12 orang, sedangkan soal berjumlah 50.  Pembuatan soal pun dibagi. Ada yang mendapat tugas 4 nomor, ada yang 5 nomor. Alhamdulillah… suasana gotong royong dan kekompakan terasa, kelompok kami pun bisa selesai tepat waktu. Salah 1 soalku harus ada gambar. Untunglah aku berada di “kandang” sendiri maka tidak sulit aku harus bolak balik ke Ruang Guru untuk download gambar dari internet. Saat aku bertanya pada teman-teman kelompok, mereka rupanya terbiasa membuat soal Ujian Sekolah bersama-sama.  Sedangkan aku… hal ini pertama kali!

Terima kasih Ya Allah… dengan ijinMu aku mendapat ilmu dan pengalaman berharga hari ini.

Plthn US 2

Tinggalkan Balasan

