Khawarij, Apakah Itu?

Menyikapi adanya beberapa kelompok yang mengatasnamakan Islam namun perilakunya tidak sesuai dengan ajaran agama, mengapa itu bisa terjadi?

Ideologi dan pemahaman yang diyakini kebenarannya oleh seseorang padahal hal itu jelas-jelas tidak sesuai dengan aturan Allah dalam kitab suci maupun ketauladanan akhlaq Nabi Muhammad SAW.

Rasulullah SAW bersabda: ”Nanti akan muncul diantara umatku kaum yang membaca Al-Quran, bacaan kamu tidak ada nilainya dibandingkan bacaan mereka, dan shalat kamu tidak ada nilainya dibandingkan shalat mereka, dan puasa kamu tidak ada artinya dibandingkan puasa mereka, mereka membaca Al-Quran sehingga kamu akan menyangka bahwasanya Quran itu milik mereka saja, padahal sebenarnya Quran itu akan melaknat mereka, Tidaklah shalat mereka melalui kerongkongan mereka, mereka itu akan memecah agama Islam sebagaimana keluarnya anak panah daripada busurnya ” (Sahih Muslim/ 2467, Sunan Abu Daud/4748 ).

Said al Khudri menyatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda: ”Nanti akan muncul diantara kamu kaum yang menghina shalat kamu dibandingkan dengan shalat mereka, dan puasa kamu dibandingkan dengan puasa mereka, amal perbuatan kamu dibandingkan dengan amal perbuatan mereka, mereka itu membaca Al-Quran tetapi bacaan mereka tidak akan melewati kerongkongan mereka, dan mereka akan memecah agama sebagaimana anak panah keluar dari busurnya ” (Sahih Bukhari/5058 ).

Abu Said al Khudri menceritakan bahwa Ali sewaktu berada di Yaman menghantarkan Dhahiibah dalam taribahnya kepada Rasulullah. Barang tersebut dibagi-bagikan Rasulullah kepada  Aqra’ bin Habis al Handzali, Aynah bin Badr al Fazari, Alqamah bin Alasah al Amiri, dan salah seorang daripada Bani Kilab, dan Zaid al Khair al Thai, dan salah seorang Bani Nabhan. Pembahagian itu membuat kaum Qurasiy dan Anshar merasa tidak senang sehingga berkata : “Ya Rasulullah, baginda telah memberikannya kepada kelompok Askar daripada Najad dan meninggalkan kami ”. Rasulullah menjawab: ”Aku berbuat demikian, semata-mata untuk menjinakkan hati mereka. ”Abu Said melanjutkan: Tidak lama kemudian datang seorang lelaki yang buta, lebar dahinya, lebat janggutnya, gundul kepalanya berkata: ”Ya Muhammad, bertakwalah kamu kepada Allah”. Baginda berkata : ”Siapakah lagi yang akan taat kepada Allah jika aku tidak taat kepadaNya. Dia (Allah) telah memberikan kepercayaan kepadaku untuk menjaga bumi ini, mengapa engkau tidak percaya kepadaku ?”  Abu Said melanjutkan: ”selanjutnya seorang lelaki menurut sebagian riwayat  Khalid bin Walid  telah meminta izin kepada Nabi untuk membunuh lelaki tersebut tetapi baginda melarangnya.  Setelah lelaki itu pergi Rasulullah SAW bersabda : ”Sesungguhnya dari keturunan lelaki ini nanti akan muncul sebuah kaum yang membaca Al-Quran tetapi ia tidak melepasi pangkal tengkorak mereka. Mereka memecah Islam sebagaimana keluarnya ank panah dari busurnya. Mereka membunuh umat Islam dan membiarkan umat penyembah berhala. Sekiranya aku menjumpai mereka, niscaya aku akan memerangi mereka seperti yang menimpa kaum Ad. ” (Sahih Bukhari/3344; Sahih Muslim/2451)

Jadi… memang ada sebagian dari manusia di bumi ini yang mengaku beragama Islam dengan melakukan ibadah seperti umat Islam pada umumnya, namun sesungguhnya apa-apa yang mereka kerjakan tidak diterima Allah SWT. Bukan hanya karena kesombongan dengan merasa dirinya adalah yang paling benar atau paling hebat, tetapi juga ideologi yang dianut lalu direfleksikan ke perilaku sehari-hari yang menyimpang dari aturan Allah SWT dalam Al Qur’an maupun ketauladanan akhlaq baginda Rasululah SAW yang tertera dalam al Hadist.

Semoga Allah senantiasa menjaga diri ini agar tidak memiliki sifat khawarij dan selamat dunia akherat, aamiin…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s