Another A Late Post : Upacara Bendera Hari Pahlawan

Setiap tanggal 10 Nopember bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan. Tahun ini Hari Pahlawan jatuh di hari Selasa, sehingga rutinitas upacara bendera yang biasanya setiap hari  Senin diundur sehari minggu lalu. 10 Nopember 2015 di hari Selasa dengan petugas upacaranya berasal dari kelasku, 7.1.

latihan upacara pahlawanMemilih dan menyeleksi murid-muridku untuk menjadi petugas upacara bukan hal mudah. Kelasku banyak murid yang berambisi menjadi petugas upacara dan sebagian dari mereka itu adalah anggota OSIS. Latihan upacara dimulai dari hari Rabu sore (2/11) Pelatih petugas pengibar bendera adalah guru ekskul Paskibra. Sedangkan petugas pemimpin upacara dilatih oleh kakak kelas 9.3 yang tentunya memiliki pengalaman dalam upacara bendera. Kara, muridku yang awalnya tidak terpilih oleh guru ekskul, justru mampu menjadi pemimpin upacara setelah kuminta Nico, si kakak kelas untuk mengasah kemampuannya. Suaranya yang lantang membuat semua orang kagum termasuk Gery, si guru ekskul, Untuk pertama kalinya pemimpin upacara adalah seorang perempuan. Dan lebih dari itu, untuk pertama kali jua, para petugas upacara berasal dari kelas 7 yang mana diawali oleh kelasku, 7.1.

Sebelum hari H, tepatnya hari Minggu pagi, aku dikejutkan oleh berita dari salah seorang wali murid yang memberi tahukan bahwa putrinya, Hasna, yang bertugas menjadi salah satu petugas pengibar bendera sakit dan harus dirawat di rumah sakit. Innalillahi... Alhasil, hari Senin pagi aku harus mencari penggantinya. Alhamdulillah… pilihanku tidak salah. Indy yang awalnya menjadi petugas dirigen paduan suara yang menggantikan keduukan Hasna. Posisi Indy digantikan oleh Nabila, anggota OSIS yang awalnya menolak kupilih karena merasa dirinya tidak mampu. Nabila memang pemalu padahal dia anak yang cerdas. Terus menerus kuberi dia motivasi dan membantunya latihan sampai dia menyanggupinya.

Upacara Pahlawan 2Upacara Pahlawan 3Upacara Pahlawan 1Upacara Pahlawan 4Di hari H upacara bendera Hari Pahlawan SMP Bakti Mulya 400 berjalan lancar, alhamdulillah.… Isi pidato kusesuaikan dengan tema yakni “Memperingati Hari Pahlawan” dengan mengingatkan harus tumbuhnya patriotisme dan nasionalisme tiap diri kita sebagai bangsa Indonesia.

Tim Upacara Pahlawan 1Senang dan bangga melihat semangat murid-muridku memberikan penampilan terbaik.  Kepala sekolah dan beberapa guru memberikan pujian. Terima kasih Ya Allah… semua ini terjadi karena ijinMu dan pertolonganMu. Semangat Hari Pahlawan… semangat Indonesia!!….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s