Cirebon… We Are Coming

Cirebon FHUI'91Sabtu, 3/10/2015, aku bersama beberapa teman kuliahku jalan-jalan ke Cirebon. Mempererat tali silaturahim seraya mengenal kota Cirebon lebih dekat dan mengisi cerita untuk acara Reuni Perak tahun depan. Berangkat dari Mesjid Pondok Indah Jakarta pukul 06.30 dan perjalanan melalui jalan tol baru Cipali. Alhamdulillah... lancar dan kami sampai di sana sekitar pukul 10.00  Meskipun dalam bis sudah disediakan kotak kue dan minuman, namun tetap saja belum afdol jika belum merasakan makanan khas Cirebon yakni empal gentong. Cirebon 2Cirebon 4Rumah Makan Armata menyediakan makanan empal gentong yang dilengkapi juga dengan nikmatnya sate sapi.Cirebon 20 Cuaca panas menyambut kedatangan kami dan kerongkongan pun terasa segar setelah minum segelas es teh . Hmm…. nyam nyam…. alhamdulillah... rasa lapar dan dahaga pun terobati sudah…

Selesai sarapan, rombongan menuju suatu tempat pusat perbelanjaan batik yakni Desa Trusmi. Berbagai aksesoris maupun busana dan bahan batik tersaji di butik-butik daerah Trusmi tersebut. Aku pun membeli oleh-oleh untuk kerabat dan diriku sendiri. Cirebon 7Cuaca panas di luar membuat diri lebih senang berada lebih lama di dalam ruangan daripada di luar.

Setelah puas belanja, kami menuju Keraton Kasepuhan Cirebon. Cuaca semakin terasa panas sehingga banyak dari kami yang menggunakan kaca mata hitam. Bangunan yang unik kurang perawatan terutama keberadaan got dekat gerbang masuk, baunya sangat menyengat… Bersama pemandu, kami pun mengelilingi keraton.

Cirebon 11Cirebon 23Cirebon 10

Setelah dari keraton, kami menuju rumah makan untuk makan siang sambil istirahat dan shalat. Rumah Makan Klapa Manis menyajikan menu makan siang prasmanan yang sangat menggoda. Semua macam sayurannya aku coba, mulai dari karedok, tumis kangkung sampai sayur asem. Lauknya pun lengkap, ada ayam kecap, udang tepung, ikan goreng, semur daging… namun akulebih memilih ayam kecap dan udang tepung saja. Sayang… tidak ada tempe dan tahu bacem… hanya digoreng biasa. Namun aku syukuri dengan makan siang di tempat yang dikelilingi pemandangan indah. Terima kasih Ya Allah… atas semua ni’mat yang kuterima hari ini.Cirebon 17Cirebon 18

Terakhir kami mengunjungi tempat wisata Goa Sunyaragi. Kami sengaja ke sana bersama merpati-merpati untuk menjadi latar pengambilan gambar dan video. Merpati-merpati tersebut sengaja dibawa dari Jakarta, terpisah dari rombongan bis, dalam mobil tersendiri agar nyaman. Kami pun berfoto di atas candi dekat goa sambil melepaskan merpati-merpati terbang ….

Cirebon 8Cirebon 9Cirebon 13Cirebon 15

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s