Hidup Adalah Perjuangan

Salah seorang kawan yang sedang belajar di luar negeri menghubungiku tadi malam. Senang sekali aku rasanya. Lama  tidak bertemu membuat segenap rasa tertumpahkan melalui untaian kalimat dalam media What’s Up. Ada yang membuatku terharu bahwa di sela kesibukannya kuliah, ia memutuskan untuk menambah penghasilan dengan bekerja.

“Kerja di mana, Mas?” tanyaku.

“Di rumah makan,” jawabnya. “Demi bertahan hidup,” sambungnya lagi.

Allah telah mengatur semua kejadian dengan sempurna. Dia yang memiliki hobi memasak mendapat tempat kerja di rumah makan. Kuliahnya memang tidak di jurusan kuliner. Jauh menyimpang malah… di jurusan yang sangat serius dan sepi peminat yakni Filsafat Aqidah di Universitas Al Azhar, Cairo.

Kukatakan padanya, “Bekerja di rumah makan ditambah hobi memasak, klop itu… siapa tau akan ada manfaatnya di masa depan Mas nanti.” Kami pun mengaminkan.

Siapa pun tidak akan ada yang tahu apa yang akan terjadi di hari esok. Belajar menuntut ilmu adalah wajib hukumnya. Namun terkadang kuliah dan impian kita di masa lalu tidak sama seperti realita saat ini. Pekerjaan tidak sesuai dengan ilmu di bangku kuliah. Manusia berencana, Allah jualah yang menentukan… Namun 1 hal yang harus selalu diyakini adalah Allah Sang Pemilik Alam sangat mengetahui apa yang terbaik untuk kita. Menerima apa pun keputusanNya atau ridho atas takdirNya agar Allah pun ridho pada kita, itu ajaran dari guru mengajiku.

Bekerja sambil kuliah atau kuliah sambil bekerja… bukanlah hal aneh karena hidup adalah perjuangan. Hidup tidak mungkin tanpa perjuangan dan pengorbanan… Siapa pun yang bersungguh-sungguh, dia akan berhasil… Man jadda wa jadda! Semangaat, kawan ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s