Mengingat Makna Isra Mi’raj

Hari ini adalah 27 Rajab 1436 H yang diperingati oleh seluruh umat Islam sebagai peringatan Isra Mi’raj. Dianggap  penting bagi umat Islam karena Rasulullah Muhammad SAW mendapat perintah untuk menunaikan shalat 5 waktu sehari semalam.

Pengertian Isra adalah Rasulullah diberangkatkan oleh Allah SWT dari Masjidl Haram sampai Masjidil Aqsa (kiblatnya para Nabi terdahulu) dengan mengendarai buraq bersama Jibril. Sedangkan pengertian Mi’raj adalah Rasulullah dinaikkan ke langit sampai ke Sidratul Mutaha sebagai tempat tertinggi, lalu mendapat perintah langsung dari Allah SWT untuk shalat 5 waktu tersebut.

Diriwayatkan, saat perjumpaan terjadi antara Muhammad SAW dengan Allah SWT, beliau mengucapkan “Attahiyatul mubaarakaatush shalawatuth thayyibatulillah..” (segala penghormatan, kemuliaan, dan keagungan hanyalah milik Allah saja) dan Allah pun menjawab “Assalamu’alaika ayyuhan nabiyu warahmatullahi wabarakaatuh…”  Maka para malaikat serentak mengumandangkan 2 kalimat syahadat dan untaian kalimat tersebut menjadi bagian dari shalat menjelang salam.

SHALAT… amalan manusia yang pertama kali akan ditanyakan di dalam alam kubur. Setiap orang yang mengaku beragama Islam dan sudah berusia baligh tentu tidak boleh mengabaikan shalat setiap hari sebanyak 5 kali mulai dari subuh hingga malam hari. 5 kali sehari semalam adalah “hasil kesepakatan” antara Rasulullah SAW dengan Allah SWT. Shalat yang dilakukan dengan khusyu akan mampu mencegah diri dari perbuatan keji dan mungkar. Sayang memang tidak mudah mencapai kekhusyu’an dalam shalat. Setidaknya, kita harus terus mencobanya agar selamat.

isra mi'rajJadi, Isra Mi’raj merupakan perjalanan suci menuju kesempurnaan iman dari seorang hamba (al-abd) menuju Sang Pencipta dan Pemilik Alam Semesta (al-Khalik). Tidak boleh diabaikan, harus diingat terus maknanya, dan diterapkan dalam keseharian sebagai bagian dari ketaqwaan kita terhadap Allah SWT.  Insya Allah…

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s