Belajar Melalui Display

lambang demokrasiBerbagai cara pasti dilakukan oleh tiap guru untuk meyakinkan diri bahwa siswa-siswanya telah menguasai materi. Menjelang ulangan harian di akhir bulan nanti, aku menugasi siswa-siswa kelas 8 untuk membuat display tentang “Demokrasi”

Siswa bekerja kelompok membuat display, yang mana tiap kelompok berjumlah 3 atau 4 orang, tergantung jumlah siswa dari tiap kelas. Tugas membawa perlengkapan, mereka mengaturnya sendiri.  Ada yang membawa karton asturo, spidol, gunting + lem, serta gambar-gambar yang berhubungan dengan materi. Aku sendiri menyediakan tambahan gambar bagi tiap kelompok seperti gambar Barack Obama atau pelantikan Elizabeth II menjadi Ratu Inggris.

Diawali dengan menempel gambar di karton asturo, menuliskan macam demokrasi dari negara dalam gambar, minimal 2 macam demokrasi dari gambar tersebut, lalu memberikan hiasan. Simple sebetulnya… bahkan siswa SD pun mampu melakukannya.  Hal yang terasa sebagai tantangan  bagi mereka adalah menulis tepat macam demokrasi… demokrasi langsung/ tidak langsung, demokrasi presidensiil/ parlementer, demokrasi liberal/ terpimpin/ Pancasila, yang mana tiap pilihan demokrasi apa yang sesuai gambar maka harus disertai ciri-cirinya. Ketepatan menjawab, kreatifitas untuk membuat display menarik, kekompakan bekerja, dan selesai tepat waktu adalah aspek penilaian yang kusampaikan pada mereka.

Waktu pembelajran selama 2×40 menit ternyata masih terasa kurang oleh sebagian siswa. Reward kuberikan bagi kelompok yang bisa selesai tepat waktu dan menampilkan display terbaik. Dengan demikian, materi dikuasai siswa lengkap dengan terasahnya ketrampilan mereka. 2 minggu berikut mereka kuharap mampu mengerjakan ulangan formatif kedua di semester genap. Semoga saja….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s