Ada Apa Dengan Negri Ini?

Berita yang sangat menggemparkan di Jumat pagi lalu… ditangkap seorang Wakil Ketua KPK bernama BW pada hari Jumat (23/1/2015) atas tuduhan telah menyuruh saksi untuk memberi keterangan palsu di bawah sumpah di pengadilan Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah pada Juli 2010. Yang melaporkan pada pihak kepolisian adalah seorang bernama Subianto Sabran (SS), yang rupanya pernah menjadi lawan politik BW dalam Pilkada di propinsi tersebut dan kini adalah politikus dari PDI-P.

tulsanEsok paginya kudengar lagi berita bahwa pada pukul 02.00 dini hari BW dibebaskan oleh pihak kepolisian. Tentulah hal itu tidak akan terjadi jika tanpa adanya upaya para tim pengacara, pers yang meliput tiada henti, serta yang terpenting…  dukungan rakyat yang berdemo atas penangkapan seorang pejabat lembaga “pemberantas para maling uang rakyat”

Menurut berita yang kudengar, penangkapan terhadap BW setelah beliau mengantarkan putra bungsunya ke sekolah, lalu mobilnya didekati oleh anggota Brigade Mobil, lalu memborgol tangannya, dan membawanya ke dalam mobil kepolisian beserta putri keduanya yang kebetulan ikut bersama BW pagi itu. Kenapa ya.., harus diperlakukan seperti itu…, seolah beliau seorang bromocorah yang takut melarikan diri lagi atau seorang teroris yang bersiap akan meledakkan bom bunuh diri??

Di manakah perlindungan hak asasi manusia aparat kepolisian terhadap BW sebagai salah satu ciri negara demokrasi?

 Tanpa bisa dicegah, semua orang termasuk aku yang mengetahui peristiwa itu, mengingat adanya berita lain yang cukup menghebohkan juga beberapa bulan lalu. Presiden Jokowi berniat akan mengangkat seorang Komjen Polisi bernama Budi Gunawan (BG) untuk menjadi Kapolri. Hal itu tidak berjalan mulus karena tiba-tiba KPK beberapa hari lalu menyatakan bahwa yang bersangkutan memiliki rekening gendut alias tersangka kasus dugaan suap dan penerima gratifikasi. anti korupsi-2Rakyat yang bereaksi keras dengan meminta Jokowi tidak akan jadi mengangkat dan melantik BG menjadi Kapolri, belum ditanggapi sungguh-sungguh oleh Jokowi. Presiden pilihan rakyat itu mungkin bingung karena suara rakyat berlawanan dengan perintah ketua partainya atau menunggu situasi cooling down…jokowi pusing

Apakah penangkapan BW adalah balas dendam Polri sehubungan dengan kasus BG tersebut?  Bagaimana ini bisa terjadi… 2 lembaga penegak hukum tidak bisa berjalan beriringan dalam menegakkan hukum di Indonesia? Mau jadi apa bangsa ini jika demi kepentingan pribadi atau golongan, hukum dipelintir dan selalu berpihak pada “si kuat”  bukan “si benar”…  Ada apa dengan bangsa ini? Tidakkah malu ketika peristiwa ini diketahui oleh dunia internasional?  Ibu pertiwi pasti akan terus menangis, sediiih.…

One comment on “Ada Apa Dengan Negri Ini?

  1. musfiyendra mengatakan:

    Negeri darurat hukum…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s