Pelajaran Berharga Bagi Mereka…

Di antara semua kelas yang aku tangani saat ini, ada satu kelas yang paling banyak berisikan trouble makers. Bukan hanya aku, semua guru pun merasakan demikian. Jika ada jadwal untuk mengajar ke kelas tersebut, banyak yang merasa harus mempersiapkan energi lebih atau kebalikannya, nyengir atau menghela napas panjang. Bahkan ada seorang guru baru yang ditugasi untuk mengajar Bahasa Indonesia di semester ganjil, mengundurkan diri dan minta ditukar dengan guru senior di semester genap.

Aku sendiri mendapat jadwal di kelas tersebut di jam terakhir. Waktu yang paling tidak enak untuk mengajar kelas yang anak-anaknya very talkative.  Jam mengajar belum selesai, suara sering sudah serak atau haus. Mengeluarkan siswa yang jelas-jelas mengganggu bukan solusi terbaik. Kenapa? Karena siswa tersebut “sulit kapok” dan yang ada mereka ketinggalan materi, bahkan hal paling parah, nilai ulangan anjlok! Nilai ulangan atau nilai rapor kebakaran, yang panik adalah orang tua dan ujung-ujungnya, guru juga disalahkan…

Untuk hari ini, aku menerapkan strategi. Sang pelopor kegaduhan di kelas, kuminta untuk membacakan materi yang sudah aku rangkum dalam media Power Poin. Awalnya dia semangat, karena mungkin merasa itu hal mudah. Ternyata… belum 10 menit, dia menyerah karena tiap membacakan kata per kata, sering diprotes teman-temannya. “Capek buu… Ibu aja ya, yang nerusin…” katanya memelas padaku.

Terdengar beberapa siswa bicara, “Ternyata susah juga ya, jadi guru…”  Ada juga yang berucap, “Bacain kita materi juga harus sabar ya…”  That’s it! Akhirnya mereka sadar bahwa memang tidak mudah menjadi guru, terutama menghadapi kelas tersebut.

Alhamdulillah… kelas tersebut hari ini kuanggap berlangsung lebih baik daripada sebelumnya.  Saat berdoa sebelum meninggalkan kelas, sikap yang ditunjukkan pun baik, tidak seperti biasanya… Terima kasih ya Allah, atas pertolonganMu…

2 comments on “Pelajaran Berharga Bagi Mereka…

  1. Itulah dinamika menjadi guru, saya yakin setiap guru pernah mengalami hal yang sama. Semangat Bu Guru…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s