Belajar Shalat Khusyu’

Adanya informasi bahwa akan diadakan Pelatihan Shalat Khusyu’ di Mesjid Daarut Tauhid Cipaku pada hari Minggu (1/11/2014) kusambut dengan gembira dan antusias.  I must admit to myself, aku sering sulit untuk bisa shalat dengan khusyu’. Ada saja yang membuatku mendadak lupa rakaat atau bacaan. Astagfirullah… padahal shalat adalah tiang agama bagi mereka yang mengaku muslim. Shalat yang benar maka akan berdampak baik pada perilaku (akhlaq) kita sehari-hari. 1 hal yang melekat dalam diri bahwa jika seorang muslim meninggal dunia, maka amalan pertama yang akan ditanya Allah adalah “shalat”shalat muslimah-2

 Maha Suci Allah yang telah menjawab doaku bahwa aku ingin ilmuNya agar bisa shalat khusyu’. Dimulai dari pkl 08.00, selesai pkl 16.30… diawali dengan tausiyah tentang “Shalat Untuk Kesuksesan Dunia Akherat”  lalu materi inti “Menuju Shalat Yang Khusyu”

 Arti kata khusyu’ secara bahasa adalah tunduk dan khidmat. Sedangkan menurut ahli tafsir arti khusyu’ adalah penghinaan diri seorang hamba pada Tuhannya melalui proses ketaatan dirinya dan berdirinya (kesiapan untuk bediri) di hadapanNya dalam shalat.

 Seseorang bisa meraih khusyu’ dalam shalat bilamana ia memiliki gerakan yang benar ketenangan hati, bacaan yang tepat disertai pemahamannya. Gerakan shalat yang dimaksud tentulah harus sesuai denagn gerakan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW: shalatlah kalian sebagaimana shalat yang kuperlihatkan pada kalian… (kitab shohih Bukhori no 595 juz 3/7dari sahabat Malik bin al Huwairits)

 Ada pun gerakan yang dimaksud meliputi, antara lain: 1)    Berdiri tegak menghadap kiblat , 2)  Mengangkat kedua tangan, terutama saat mulai shalat, takbir untuk rukuk, bangkit dari rukuk, 3)    Bersedekap saat berdiri dalam shalat yakni tangan kanan diatas punggung telapak tangan kiri dan pergelangannya,  4)  Rukuk dan   sujud dengan posisi semua jari menghadap kiblat, 5)  Duduk, baik itu duduk pada rakaat kedua maupun pada rakaat terakhir, 6) Berisyarat dengan telunjuk saat duduk tasyahud,  7)  Menggerakan muka saat salam

Ketenangan di tiap gerakan shalat (thuma’ninah) diwajibkan dalam shalat tidak boleh terburu-buru dan disempurnakan jika ada yang tertinggal.

Bacaan shalat terbagi berdasarkan rukun dan sunnah. Bacaan rukun adalah surah al Fatihah karena rasulullah SAW pernah bersabda bahwa tidak sah shalat seseorang jika tidak membaca al-Fatihah…    (hadist Bukhori dan Muslim dari sahabat Abdullah bin Shamit). Sedangkan bacaan-bacaan lain adalah sunnah.

Pemahaman atas bacaan juga harus diperhatikan karena shalat adalah komunikasi kita pada Allah, munajat seorang hamba kepada Tuhannya. Bagaimana mungkin kita bisa khusyu’ atau menghayati shalat kita jika kita tidak mengerti apa yang kita ucapkan.

Shalat adalah kebutuhan jiwa tiap orang yang beriman. Shalat adalah hal istimewa karena pertemuan seorang hamba dengan Sang Pencipta sekaligus untuk memuji dan bersyukur atas semua ni’matNya. Selain shalat bisa mencegah perbuatan yang keji dan munkar, juga membuat hubungan kita termasuk ketaqwaan kita pada Allah meningkat. Shalat yang benar dalam pandangan Allah maka akan membuka pintu pertolongan atas semua kesulitan dan ampunan dosa-dosa.

Setelah shalat dzuhur dilakukan sesi tanya jawab dan setelah shalat ashar dilakukan praktek gerakan shalat. Selama dalam pelatihan, doa terus kupanjatkan agar ilmuku ini tidak sia-sia dan manfaat serta tak henti pula mengucap syukur pada Allah SWT yang telah memberiku kesempatan berilmu  dengan takdirNya yang sempurna. Alhamdulillahi robbil alamiin…

4 comments on “Belajar Shalat Khusyu’

  1. abah ciransi mengatakan:

    saya suka postinganmu Dew…

  2. wbuenastuti mengatakan:

    Subhanallah. Sholat khusyu’ bagiku adalah Hadiah dari Allah yg sangat berharga terlebih lagi bila bisa sampai merasakan tetesan air mata di pipi di saat2 kita tidak dalam keadaan menerima ujian apa pun. Semua karena kita sedang di sentuh hati kita akan indahnya Cinta Allah pada kita. Terima kasih Dewi atas sharingnya. ajak-ajak dong kalau ada Majlis2 yang bagus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s