Inikah Cerminan Anak Negeri Masa Kini?

Tak sengaja aku membaca tulisan yang dilengkapi video yang terjadi beberapa waktu lalu di daerah Sumatera Barat (judul: Kekerasan Anak SD di Ranah Minang) di mana seorang anak perempuan yang menjadi korban pemukulan oleh teman-teman kelasnya, beberapa anak laki-laki dan seorang anak perempuan lain yang bandannya lebih besar daripada si korban. Ditendang badannya, dipukul kepalanya… Saat disorot oleh kamera beberapa wajah si pemukul, ternyata ekspresi senang dan bangga yang ditunjukkan. Beberapa anak lain yang ada dalam kelas itu memperlihatkan sikap tidak peduli dan sibuk bermain dengan kelompoknya sendiri. Innalillahi... menganiaya teman menjadi suatu hal wajarkah di sana?? Astagfirullah… Ke mana guru-gurunya??

Sikap dan perilaku anak jaman sekarang memang tidak bisa disamakan dengan jaman di mana kita bersekolah dulu. Tapi bukan berarti semua hal bisa dibolehkan terlebih jika jelas-jelas sudah menyimpang dari nilai agama dan moral. Bukan hanya karena media televisi atau internet atau games on-line yang mempengaruhi sikap dan perilaku seorang anak, tapi juga didikan dan sikap orang tua yang diperlihatkan sehari-hari di rumah. Guru pun punya andil dalam mempengaruhi sikap dan perilaku seorang anak (pengalaman diri bahwa sikap dan perilaku seorang guru akan  dilihat dan dicontoh oleh murid, terutama anak-anak SD).

Jika masih SD sudah bangga menjadi pelaku kekerasan, senang atau tidak peduli ada teman yang disakiti atau dianiaya… akan menjadi manusia seperti apa saat dewasa nanti? Inikah cerminan anak negeri yang memiliki pandangan hidup Pancasila? Apakah mereka bisa menjadi generasi masa depan yang akan mengharumkan dan membanggakan bangsa??

Ya Allah… lindungilah bangsa ini dari kehancuran…. tanamkan iman dan ilmu pada tiap anak negeri ini agar mereka kelak menjadi generasi bangsa yang bermanfaat dan lebih baik dari kami …  aamiin”

2 comments on “Inikah Cerminan Anak Negeri Masa Kini?

  1. Dedi Dwitagama mengatakan:

    cerminnya parah bunda, para terhormat berkelahi di gedung terhormat, anak” berkelahi di kelas deh😦

    • dewipangalila mengatakan:

      Betul Pa Dedi, memalukan yang mengaku wakil rakyat. Sering terjadi ribut siswa di kelas dan saat dilerai atau ditegur mereka bilang “Ah ibu, lebay… anggota DPR juga ribut, gak apa-apa…” Duh, gemesss….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s