Dzikir sebagai Amalan Utama Seorang Muslim

berdoaMenyimak pesan dari salah seorang guru, Abdullah Gymnastiar atau yang lebih dikenal dengan Aa Gym, bahwa amalan paling utama bagi seorang hamba Allah SWT adalah dzikir. Kualitas keislaman seseorang sangat diukur dari tingkat rapatnya dzikrullah di hati.

Dalam suatu hadist disebutkan bahwa “Perumpamaan orang yang berdzikir kepada Allah dan orang yang tidak berdzikir adalah seumpama orang hidup dan orang mati”  (HR Bukhari)

Ada beberapa macam dzikir, yakni:

1)  dzikir lisan – dzikir hati

     Baik itu dzikir yang dilakukan secara lisan maupun hanya dalam hati saja yakni dzikir yang disertai dengan  keyakinan.

2)  membaca Al Qur’an

  Hal ini sebaiknya dilengkapi dengan terjemahan bagi yang belum paham atau sambil mendengar murrotalnya agar bisa menolong kita untuk berdzikir yang benar.

3)  Asmaul Husna

    Menyebut asma Allah sudah menjadi kebaikan, terlebih jika kita memahami artinya karena mengetahui begitu sempurnanya sifat-sifat Allah SWT, Sang Pencipta alam semesta dan diri kita.

4)  Doa

    Doa yang paling utama adalah Al Qur’an karena itu adalah kalam Allah. Kemudian doa-doa berdasarkan sabda Nabi, lalu yang terucap dari kita disertai kekhusyukan dan keyakinan atas kebesaran dan kekuasaan Allah. Doa adalah perisai dan orang yang merasa tidak perlu berdoa adalah orang yang sombong. Berdoalah karena Allah Maha Mendengar dan Maha Menggenggam semua kejadian.

Dunia ini cuma mampir, jika kita mati tak ada yang dibawa selain amal, maka pastikan kesibukan kita semuanya menjadi amal sholeh”  @aagym

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s