Mereka Harus Test Praktek Ibadah

Mulai hari ini , Jumat 23 Mei 2014, sampai hari Selasa 27 Mei 2014, di sekolah diadakan test praktek ibadah. Tentu hal ini ditujukan bagi para siswa kelas 7 dan kelas 8. Diawali hari pertama dengan hapalan surat pendek dalam Al Qur’an, lalu hari Senin nanti praktek shalat jenasah, dan terakhir hari  Selasa praktek doa-doa.

Setiap kelas diuji oleh 2 orang guru. Semua guru, bukan guru Agama saja. Aku kebagian menguji para siswa di kelas 8.2. Sebagian besar bisa menjalani test praktek dengan lancar mengucapkan untaian ayat dalam surat yang diujikan. Ada pun surat-surat yang diujikan pada mereka ada 3 yakni surat Al Insyiroh, Ad Dhuha, dan At Tiin. Ada siswa yang langsung bisa menyelesaikan ketiga surat sekaligus dengan baik. Namun ada juga yang melakukannya dengan cara mencicil satu per satu surat. 3 orang siswa hanya mampu menghapal 1 surat saja. Alasannya karena sakit atau tidak siap. Siswa yang sakit tentu bisa ditolerir, namun siswa yang tidak siap, nilai dikosongkan dengan catatan khusus yang disampaikan pada guru Agamanya.

al qur'an-1Saat mendengar mereka menghapal, aku harus betul-betul menyimaknya, apakah tiap ayat yang mereka ucapkan itu betul-betul tepat cara membacanya. Hal itu karena bacaan akan berpengaruh pada artinya. Aku sendiri tidak hapal arti tiap ayat. Aku melihatnya dari buku panduan karena setiap penguji berhak mendapatkannya.

Hampir 3 jam aku dan partnerku melaksanakan amanah itu. Saat kembali ke Ruang Guru, ternyata ada beberapa kelas lain yang juga tidak tuntas 100% menghapal suratnya. Memang dibutuhkan keseriusan untuk bisa lancar menghapal surat Al Qur’an. Bagi anak jaman sekarang, pastilah jauh lebih mudah dan membanggakan jika mampu menghapal kata maupun kalimat Bahasa Inggris daripada ayat kitab suci. Kemauan dari diri sendiri adalah lebih utama dibanding karena keterpaksaan Semoga mereka diberi kesadaran untuk selalu mau menuntut ilmu…, apa pun ilmunya itu karena  ilmu tujuannya demi kebaikan diri mereka sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s