Apa Kabar Pendidikan Indonesia

Setiap tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Tidak seperti biasanya, sekolah kami tidak mengadakan upacara bendera untuk memperingatinya karena para siswa sedang belajar di rumah dalam rangka persiapan menghadapi UN SMP yang akan dimulai hari Senin, 5/5/2014.

Memang ada yang lebih penting daripada sekedar upacara bendera. Menyadari kondisi pendidikan di Indonesia saat ini cukup menyedihkan. Para siswa di kota-kota besar yang sebagian tidak memiliki motivasi belajar bahkan bangga jika menjadi peserta tawuran dengan mempersiapkan senjata tajam dari rumah, sebaliknya masih banyak siswa di pedesaan atau pelosok yang terpaksa bertaruh nyawa saat berangkat dan pulang sekolah karena harus melewati sungai yang deras tanpa alat pengaman… masih ada anak-anak yang putus sekolah… bangunan sekolah bukan hanya di pedesaan, namun juga di beberapa kota masih banyak yang rusak dan belum diperbaiki… pergaulan bebas dan pelecehan seksual terhadap siswa… jual beli kunci jawaban saat ujian…budaya menyontek yang dianggap biasa oleh sebagian siswa remaja… siswa melawan guru dan orang tua yang kurang peduli…aturan adanya kurikulum baru 2013 namun sosialisasi tidak merata … guru honorer yang kurang diperhatikan oleh pemerintah….siswa tawuransekolah jebolsekolah rusakberangkat sekolah

Banyak sekali pe-er kita di bidang pendidikan. Guru sebagai tonggak utama pendidikan harus lebih sabar dan pintar dalam mendidik siswa dan menjalani sistem pendidikan saat ini. Tanamkan selalu dalam dada bahwa keberhasilan bangsa ada di tangan kita!  Iman kita kuatkan agar kita senantiasa diberi petunjuk Allah untuk mampu berbuat yang benar dan menegakkan kebenaran. Tidak mudah memang, namun juga tidak sulit asalkan ada kemauan. Bilamana pendidikan kita tertinggal dibandingkan negara-negara lain, kita kejar dengan upaya lebih optimal menjadikan anak-anak didik kita menjadi generasi penerus bangsa yang bermanfaat dan bermartabat. Berantas mental manja dan malas… tumbuhkan nilai jujur, tanggung jawab, dan disiplin, dimulai dari diri kita sebagai guru karena guru selayaknya digugu dan ditiru…  Semangat memajukan pendidikan Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s