Anak-anak Bukan Objek Orang Dewasa

Banyak kejadian yang menyedihkan melanda anak-anak di negeri ini… Ada anak balita yang dianiaya oleh mantan kekasih ibunya atau ibu tiri atau bahkan ayah kandung sampai harus dirawat di rumah sakit, kelas 1 SD yang dipukuli oleh teman-teman sebayanya sepulang sekolah sampai akhirnya 2 hari kemudian meninggal, sampai yang terkini adalah berita anak 5 tahun yang bersekolah di JIS (Jakarta International School) disodomi oleh 2 orang petugas cleaning service di sekolahnya! Innalillahi wa’ inna ilaihi rojiun... Anak-anak yang seharusnya dilindungi dan disayangi, kenapa menjadi objek kekerasan?

Memang pasti banyak faktor yang melatar belakangi tindakan para pelaku. Namun yang harus lebih diperhatikan adalah sanksi hukum yang keras bagi para pelaku. Kecuali pada kasus “Pemukulan Anak SD di Makassar” karena para pelakunya adalah mereka yang juga masih anak-anak, sehingga sulit dikenai sanksi.  Kenapa mereka sampai berani melakukan kekerasan terhadap teman sendiri? Lagi-lagi, pasti ada banyak faktor… bukan hanya orang tua yang kurang mampu menjadi suri tauladan, namun juga pengaruh lingkungan pergaulan dan games. Tidak sedikit games yang disukai anak-anak ternyata tidak mendidik, menceritakan adanya orang jahat yang hebat atau kekerasan yang melahirkan tokoh heroik.  Sedangkan sanksi hukum yang ada dalam KUHP terhadap pelaku kejahatan anak kurang keras, hanya hukuman penjara belasan tahun, bukan seumur hidup atau kalau perlu, hukuman mati!

anak indonesia-1anak indonesia-2happy kidsAnak-anak… seharusnya mereka tumbuh dalam dunianya yang penuh tawa, keceriaan, dan kasih sayang. Bukan hanya raga yang harus berkembang baik, namun juga jiwa yang sehat. Atau dengan kata lain, sehat jiwa raga agar mampu menjadi pribadi yang kuat, cerdas, dan bermanfaat bagi bangsa di masa depan. Semoga tidak ada lagi anak di negeri ini yang teraniaya… semoga orang-orang dewasa terutama para orang tua semakin sadar atas tanggung jawab terhadap perkembangan anak-anaknya… semoga para aparat hukum semakin cerdas dan berani dalam menegakkan hukum dan melindungi warga negara, terutama anak-anak… 1 hal yang harus selalu diperhatikan bahwa anak-anak bukan objek orang dewasa!anak dunia bahagia kartun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s