Menjadi Pengawas US

Menjadi pengawas saat berlangsung Ujian Sekolah (US), gampang-gampang susah… Yang membuatku kuatir adalah sebagian besar siswa tidak suka membaca, sehingga materi ujian yang banyak akan membuat masalah bagi mereka. Terlebih jika mereka tidak terlalu menguasai materi di kelas-kelas sebelumnya. Berbagai cara sudah dilakukan untuk “membantu” mereka di hari-hari sebelum US. Sejak awal tahun, materi pembelajaran yang dibahas di kelas 9 adalah materi dari kelas 7 dan 8.

Pelaksanaan US selama 6 hari, mulai hari Jumat (4/4) diselingi libur hari Senin karena tanggal merah, lalu masuk lagi hari Selasa (8/4) sampai hari Jumat (11/4). Selama US, siswa-siswa kelas 7 dan 8 belajar di rumah. Begitu juga dengan rekan-rekan guru yang tidak menjadi pengawas US.

ujian sekolah kartunMengawasi US harus betul-betul waspada karena anak-anak sekarang cerdik dengan”trik” Kekompakan dengan pasangan pengawas adalah hal utama. Mereka yang tidak bisa menjawab, biasanya duduknya gelisah, cengar-cengir, atau mencoba kontak mata dengan teman-teman yang dituju lalu diiringi jari-jari bermain atau bibir komat-kamit sambil mata sesekali melirik ke arah pengawas. Setelah selesai, hanya sebagian dari mereka yang dengan kesadaran sendiri memeriksa jawabannya beberapa kali sebelum dikumpulkan kepada pengawas.

Di hari pertama jam kedua terjadi sedikit insiden. Seorang siswa ada yang tidak mengikuti peraturan. Mengambil hp yang diletakkan di atas meja pengawas tanpa ijin. Aku tegur keras, ia malah melawan. Akhirnya… mau tidak mau ia dikeluarkan! Subhanallah… anak jaman sekarang… betul-betul menguji kesabaran… Untunglah tidak terjadi lagi hal seperti itu di hari-hari lain.

Ujian selayaknya tidak ditujukan semata-mata untuk pencapaian nilai yang tinggi namun yang lebih utama adalah melatih mental berkompetisi sehat, jujur, dan tanggung jawab. Jangan sampai “menghalalkan segala cara hanya demi nilai bagus”  Sayangnya… tidak semua siswa sadar itu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s