Menonton Acara Hiburan Yang Heboh

Saya adalah bagian dari segelintir orang yang jarang sekali menghabiskan waktu dengan menonton tv. Bagi saya, hiburan atau mengisi waktu luang bisa dilakukan dengan banyak hal selain menonton tv. Kalau pun saya mau duduk manis depan tv karena saya merasa “perlu” sesuatu yang manfaat untuk diri saya. Menonton acara talk-show, misalnya. Itu pun tidak bisa rutin karena saya tidak ingat jadwalnya. Atau menonton acara siraman rohani & berita, bisa saya lakukan tapi tidak setiap hari. Sejak ada media internet, saya memang lebih suka mengakses berita lewat internet atau membaca surat kabar di perpustakaan kalau masih belum puas. Begitu juga siraman rohani, selain saya rutin pergi ke majelis ilmu, saya juga mendapatkannya lewat buku dan lagi-lagi, internet! Jadii… saat teman-teman banyak membicarakan acara hiburan yang bernama YKS, saya hanya menjadi pendengar yang baik saja. Bahkan, banyak orang bilang sekarang ini jamannya Goyang Cesar. Hah??YKS

 Tadi malam, hari Minggu malam tepatnya, saya tiba-tiba merasa ingin menonton acara yang sering dibicarakan oleh teman-teman saya itu. Karena pada dasarnya saya tidak tau jadwal acara tv, maka saya baru menontonnya beberapa menit setelah pukul 20.00 Acara tersebut diputar di salah satu stasiun swasta dengan dipenuhi pengunjung & pengisi acara. Masya Allah… rupanya banyak sekali ibu-ibu yang menjadi penonton di dalam studio itu. Waduh, saya pun berpikir… bagaimana dengan keluarganya ya, jika si ibu itu datang ke sana hanya bersama rombongan teman-temannya? Lebih jauh lagi saya berpikir, apakah mereka, khususnya yang beragama Islam masih bisa menyempatkan waktu untuk beribadah saat berada di sana? Bukan apa-apa… acara tersebut durasi waktunya ternyata lama… Saya saja merasa 1 jam lebih sepuluh menit sudah cukup. Penonton anak-anak juga cukup banyak…Ternyata mereka sangat betah untuk berada di studio sejak sebelum acara dimulai sampai selesai, bahkan mungkin sampai para artisnya pulang… Padahal ada yang datang dari luar Jakarta seperti Bogor & Indramayu. Itu saya tau dari mereka yang kebetulan diwawancarai oleh pembawa acara sebagai peserta yang merasa memiliki tampang seperti bintang tamu, Ridho Rhoma.

 Ada beberapa hal yang saya lihat dari acara tersebut. Selain memang tema yang menghibur dengan sesekali diisi joged bersama artis & penonton, juga banjir hadiah (uang). Siapa yang beruntung, maka akan mendapatkan uang. 100 ribu per orang bagi mereka yang sudah bersedia melakukan sesuatu seperti menempelkan lakban di wajah, seolah-olah mereka adalah Ridho Rhoma yang terkenal punya jambang di wajah, juga bagi mereka yang mau berpartisipasi sebagai orang yang mirip Ridho Rhoma. Terlebih mereka yang menjadi finalis, hadiah dilipat gandakan, bisa sampai 1 juta rupiah. Sedangkan bagi penonton di rumah, hadiah didapat melalui kuis telepon. Wow!! Oh ya, Goyang Cesar memang rupanya sebagai joged wajib dari acara YKS.

Bintang tamu menyanyi, lalu bintang tamu juga dilibatkan dalam pemilihan “siapa yang memiliki tampang mirip Ridho Rhoma” sampai tebak-tebakan lagu…  Pembawa acara yang saya pikir hanya Deny & Wendy Cagur ternyata jumlahnya tidak sedikit…, mungkin tidak seru ya, kalau hanya satu dua orang saja…namun sayangnya ucapan-ucapan yang terlontar terkadang kasar atau kurang pantas, mengingat ada penonton yang masih anak-anak. Apa mungkin semua itu dianggap sah karena sebagai acara hiburan? Yang penting, orang bisa tertawa, minimal tersenyum…

Suatu catatan buat saya pribadi: Masyarakat Indonesia kini banyak memerlukan hiburan & melalui televisi-lah mereka terhibur. Acara hiburan YKS adalah salah satu obat bagi mereka yang perlu hiburan sehingga para pemilik produk pun dengan senang hati mengambil tempat sebagai sponsor yang akan “berbagi hadiah” dengan mudah. Apakah kondisi ini dapat bertahan lama? Entahlah….

Tinggalkan Balasan

