Pembelajaran Kooperatif Pada Siswa Kelas 8

Memberikan pembelajaran dengan melakukan beberapa macam metode adalah wajib hukumnya bagi guru jaman sekarang. Khususnya yang aku hadapi adalah siswa SMP kelas 8, dengan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Bilamana beberapa minggu lalu di kelas 9 aku mencoba dengan memutar film kemudian memberikan evaluasi, yang kulakukan sekarang adalah pembelajaran kooperatif “Numbered Head Together

Topik yang dipelajari mengenai “Demokrasi Dalam Kenegaraan”. Diawali dengan sedikit pre-test, aku masuk ke kegiatan inti. Siswa dikondisikan lebih dahulu untuk menyimak  pemaparan materi secara lisan, tanpa perlu mencatat. Setelah selesai, aku membuka kesempatan bertanya. Setelah itu, barulah kubagi siswa ke dalam beberapa kelompok. 1 kelompok maksimal 5 orang siswa, namun melihat kondisi kelas yang jumlah siswanya sedikit, maka kuputuskan 4 orang siswa saja tiap kelompok.  Tiap kelompok kuberi nama. Ada kelompok Pancasila, kelompok Konstitusi, kelompok Proklamasi, & kelompok Garuda. Sebelum mereka dibagikan LKS, aku memberikan potongan kertas yang bertuliskan angka 1 sampai 4. Tiap siswa wajib mengambil 1 nomor yang tidak sama dalam 1 kelompok. Barulah setelah itu, aku membagikan LKS sesuai dengan nomor mereka. Tidak ada soal yang sama dalam 1 kelompok, namun mereka diperbolehkan saling membantu dalam kelompoknya karena itu menunjukkan kerja sama.

Waktu selama 60 menit ternyata hampir terasa kurang karena tiap dari mereka harus mempresentasikan jawaban ke muka kelas. Tiap siswa maju ke muka kelas bersama dengan siswa dari kelompok lain yang sama nomornya. Alhamdulillah, hasil LKS pada umumnya baik. Mereka pun terlihat enjoy & lebih tertarik belajar daripada sekedar diskusi biasa. Anyway, pembelajaran kooperatif sangat membantu siswa belajar dengan lebih optimal…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s