Gunung Batuk, Gunung Sinabung

gunung sinabung - 2Sejak 3 bulan lalu, pertengahan November 2013, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Sumatera Utara “batuk” alias meletus! Letusan mengeluarkan abu yang bergerak sesuai arah angin menuju ke barat & barat daya. Abu… awan panas… maka semua orang yang tinggal di sekitar Gunung Sinabung mau tidak mau harus mengungsi jika mau selamat.

Gunung meletus tidak pernah bisa dicegah. Siapa pun orangnya, setinggi apa pun jabatan seseorang, tidak ada yang mampu mencegah atau menghentikan kekuatan alam. Terlebih kondisi Indonesia yang konon banyak memiliki gunung berapi yang aktif. Jumlah pengungsi terus bertambah karena aktivitas Gunung Sinabung terus meningkat. Terus menerus erupsi…, terus membuat cemas… Para ayah bingung memikirkan tempat tinggal & mata pencaharian, para ibu sedih melihat kondisi anak yang menurun kesehatan. Anak-anak… yang masih kecil tentu belum berpikir panjang, tetap menikmati dunianya dengan bermain bersama teman-temannya di tempat pengungsian. Sedangkan mereka yang sudah beranjak besar merasa sedih memikirkan sekolah, terutama jika mereka harus menghadapi ujian nasional. Subhanallah… kasih sayang Allah terasa untuk menguji para hambaNya. “Siapa yang sabar maka ia akan diangkat derajatnya” tempat pengungsian

Berat… berat… ujian Sang Pemilik Bumi kepada bangsa kita. Sudah kecelakaan kereta api, banjir, longsor, gunung meletus… alangkah baiknya jika tiap diri kita sadar bahwa sesungguhnya kita  semua ini lemah maka tidak ada yang perlu disombongkan karena ada yang lebih kuat & menggenggam tiap hembusan nafas kita. Nyawa kita tidak ada yang pernah tau sampai kapan di dunia ini. Bilamana  ada bencana, kita terima ikhlas sambil terus memohon ampunan & memohon diberi kesabaran… lalu bersama-sama ikhtiar mencari solusi terbaik untuk memperbaiki kondisi yang rusak akibat bencana. Semoga saja kepedulian masyarakat Indonesia terus meningkat, baik terhadap alam sekitar maupun saudara sebangsa yang sedang terkena ujian ini.., semoga hikmah terbaik atas tiap takdir Allah baik dikarenakan diri sendiri maupun sekitar kita, aamiin….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s