MRT di Jakarta? Go Ahead…

Jakarta macet? Bukan berita baru. Yang harus dipikirkan tentunya adalah solusi untuk bisa meminimalisir kemacetan di Jakarta. How?

Gubernur terpilih DKI, Jokowi, memiliki ide manis  yakni dengan pembangunan MRT (Mass Rapid Transit) yang salah satu tempatnya di salah satu terminal besar ibukota yakni Terminal Lebak Bulus. Bukan tanpa alasan kenapa tempat itu yang dipilih. Sebagai salah satu terminal yang memiliki lokasi strategis di wilayah selatan Jakarta, mudah akses ke beberapa tempat baik itu di dalam Jakarta maupun di pinggiran Jakarta. Juga bukan hanya untuk angkutan besar tapi juga untuk angkutan kecil. Lengkap!

Hari Selasa, tanggal 7/1/2014 seyogyanya merupakan hari pertama untuk pengerjaan proyek MRT di Terminal Lebak Bulus. Tapiii… yang terjadi ternyata ada penolakan dari warga terminal itu sendiri! Para pedangang yang berada di dalam area terminal adalah mereka yang paling keras menunjukkan aksi penolakan tersebut. Alasan mereka, penutupan terminal akan mempengaruhi pendapatan mereka sebagai pedagang yang sehari-hari berada di situ. Ada pula penumpang yang mengeluh akan bertambah sulit jika terminal dipindahkan ke lokasi yang ditentukan, seperti Terminal Kampung Rambutan atau Terminal Pulo Gadung. Ada pun penutupan terminal di Lebak Bulus khusus untuk jalur jauh atau AKAP (Angkutan Kota Antar Propinsi)

Sekilas melihat beberapa negara maju yang sudah menggunakan MRT untuk mengendalikan masalah transportasi. Berhasil baik karena selain sumber daya manusia yang memiliki kualitas baik juga adanya dukungan penuh dari masyarakat. MRT -1MRT -2MRT -3

Bagaimana ya, dengan Indonesia? Bisakah kita menjadi negara seperti negara-negara maju yang bilamana ada pembangunan infrastruktur didukung oleh kekuatan sumber daya manusia & masyarakat sekitar? Tidak inginkah kita memiliki kota Jakarta yang rapi & bebas macet? SUCCESS REQUIRES HARDWORK  & SACRIFICE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s