Mengenang Saat Pergantian Tahun

tahun baru 2014Menjelang pergantian tahun dari 2013 menuju 2014, seperti biasa kulangkahkan kaki menuju suatu tempat di daerah Thamrin, Jakarta. Letak tempat yang dekat dengan Monumen Nasional (Monas) & harus melewati banyaknya gedung perkantoran sehingga membuat perjalanan dihiasi pemandangan “berbeda” dari hari biasa.

Memasuki jalan utama Thamrin banyak didirikan pos polisi. Tidak jauh dari pos polisi, banyak didirikan panggung di depan beberapa gedung. Yang paling besar tentulah panggung depan bundaran air mancur Hotel Indonesia. Bahkan, beberapa mobil stasiun tv-pun sudah berjaga di seberang panggung.  Beberapa orang sudah ada yang duduk-duduk di pinggir kolam sambil menikmati udara sore. Mereka tidak peduli meskipun hujan turun rintik-rintik. Menurut kabar, akan ada Jokowi tampil duet menyanyi bersama Rhoma Irama. Ooh…pantas…bundaran HI di malam tahun baru

Tidak semua panggung berisi pertunjukkan orang-orang penting atau artis. Ada juga panggung yang diisi oleh pertunjukkan siswa-siswi beberapa SMK di Jakarta. Aku melewatinya karena panggung tersebut berada tepat di depan gedung Bank Indonesia (BI), tidak jauh dari tempat di mana aku akan mengisi malam pergantian tahun.

Aku tidak bisa menghitung jumlah panggung keseluruhan karena aku lebih tertarik memperhatikan penampilan & ornamen hiasan dari tiap panggung yang kulewati. Namun aku yakin, jumlah panggung untuk menyambut malam pergantian tahun tidak kurang dari 10. Bunyi terompet terdengar terus menerus, sampai lewat pukul 24.00 Pesta rakyat… pesta menyambut tahun baru…  Berapa ya, anggaran yang dihabiskan untuk pesta  tahun baru ini? Dengar-dengar.. sekitar 1 milyar… wow!  Sering terfikir… apakah dengan diadakan acara meriah seperti ini akan menjamin kesejahteraan rakyat di hari-hari ke depan? Optimis? Harus!  Bersenang-senang? Boleh…Mewah-mewahan dengan dana rakyat? Apa itu harus??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s