Mengenang Seorang NELSON MANDELA

nelson mandela-2Seorang tokoh besar Nelson Mandela lahir sebagai anak kepala suku Afrika. Beliau tumbuh cerdas hingga menjadi seorang pengacara andal & salah satu pendiri Kongres Nasional Afrika (ANC) yang bangkit melawan pemerintah Afrika tahun 1948 & kebijakan apartheid yang melembagakan kemiskinan & ketidaksetaraan bagi warga kulit hitam di Afrika Selatan.

Sebagai seorang aktivis politik & seorang pemuda kulit hitam di bawah pemerintahan ekstrem kulit putih, beliau melakukan gerakan di bawah tanah untuk mencegah dirinya ditangkap karena kegiatan anti pemerintah atau disebut juga “Black Pimpernel.”  Beliau baru tertangkap pada tahun 1962 dengan dakwaan sabotase & konspirasi untuk menggulingkan pemerintah dengan kekerasan. Pada 12 Juni 1964 dijatuhi hukuman seumur hidup & dipenjara di Pulau Robben, 12 km dari Cape Town. Beliau diisolasi & hanya diijinkan untuk menerima satu kunjungan setahun selama 30 menit, menulis, & menerima hanya beberapa huruf saja.

Selama ditahan, Nelson Mandela terserang tuberkulosis yang menyebabkan kerusakan paru-paru yang parah sehingga beliau rentan terhadap infeksi paru-paru  (penyakit ini juga yang menyebabkan beliau meninggal dunia). Pada tanggal 11 Februari 1990 akhirnya dibebaskan dari penjara, dijemput oleh istrinya saat itu, Winnie. Seraya berjalan, beliau mengucapkan “terima kasih pada jutaan rekan & orang di tiap sudut dunia yang sudah berkampanye tanpa lelah untuk kebebasan saya.”  nelson mandela-3

Nelson Mandela menjadi Presiden ANC & memimpin negosiasi dengan Presiden FW de Klerk untuk menghapus politik apartheid & membangun pemilu multiras tahun 1994. Kondisi tersebut menyebabkan ANC menang telak. Menjadi Presiden kulit hitam pertama di negaranya & membentuk konstitusi baru yang menghapus rasisme. Juga melembagakan penyelidikan pelanggaran hak asasi manusia & mengenalkan kebijakan atas kepemilikan tanah untuk kulit hitam Afrika Selatan, memerangi kemiskinan, & menyediakan perawatan kesehatan.

Nelson Mandela bersama FW de Klerk dianugerahi Nobel Perdamaian pada tahun 1993 atas tugas mereka menghentikan rezim apartheid & meletakkan dasar bagi demokrasi baru di Afrika Selatan. Beliau mundur dari jabatannya  pada tahun 1999 & mendirikan “Yayasan Nelson Mandela” untuk memerangi kemiskinan & HIV/AIDS. Sampai akhir hayatnya, beliau menerima lebih dari 250  penghargaan internasional, termasuk Presidential Medal of Freedom from USA.

*  Sumber tulisan dari Tempo (28/6/2013)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s