Tradisi Yang Tetap Dijaga

pernikahanPada hari Minggu (3/11/2013) adalah hari pernikahan seorang saudaraku di salah satu hotel di Jakarta Selatan. Ijab kabul dilaksanakan pada sekitar jam 8-an, sedangkan resepsi dilaksanakan mulai jam 11.00 sampai lebih dari jam 13.00

al qur'an-2Seminggu sebelum hari H diadakan pengajian. Diawali dengan pembacaan surat al Fatihah, lalu shalawat, lalu surat ar Rahman. Calon pengantin diberi wejangan oleh yang memimpin pengajian & diberi kesempatan untuk minta doa restu disertai sungkem kepada orang tua maupun sebaliknya, orang tuanya yang mengucapkan doa dengan di-aminkan oleh semua yang hadir. Kemudian, seorang ustad memberikan siraman rohani yang berhubungan dengan pernikahan. Terakhir, semua yang hadir dipersilakan untuk makan siang sambil silaturrahim.

Mengadakan pengajian bukan hal wajib sebelum menikah namun baik sekali untuk diadakan. Banyak doa yang dipanjatkan, baik dari calon pengantin sendiri maupun dari keluarga & para tamu yang hadir. Sedangkan resepsi, tergantung dari kemampuan & keinginan keluarga.    Yang wajib dari semua adalah pengucapan ijab kabul yang disertai mas kawin yang juga harus adanya wali dari pihak perempuan & saksi dari kedua belah pihak.

Selamat pada sepasang pengantin, Catra & Novita, semoga dianugerahi rumah tangga yang sakinah, mawaddah, warahmah, aamiin…

                                               


2 comments on “Tradisi Yang Tetap Dijaga

  1. Rif'ah mengatakan:

    yang lebih wajib lagi dari kedua calon mempelai harus bisa menjaga diri dari hal-hal yang tidak disyariatkan dalam Islam contohnya menanggalkan foto-foto pra weding dalam acara waulimah tersebut.

    • dewipangalila mengatakan:

      Setujuuu… saya juga sering menyayangkan jika ada pasangan yang melakukan foto prewedding karena hal itu tidak ada dalam syar’i, mengikuti budaya barat yg tidak islami.
      Terima kasih ya, sudah mau berkunjung & memberi komentar…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s