Wow, Ada Hujan Es…

hujan esHari Selasa (29/10/2013) kemarin unforgettable…When I’s teaching in class on the second floor, I saw hail stone.  Subhanallah… I thought, how could the hail stone? Pernah belajar saat masih bersekolah dulu & sekarang… lupa! He he he…  So, I tried to find out the answer by searching in google.  

Kata mbah google,  hail stone alias hujan es bisa terjadi karena adanya awan yang tebal & berlapis, yang memiliki ketebalan lebih dari 8 km dengan ketinggian awan dari permukaan bumi 300 m.  Adanya awan tebal menimbulkan 1 sampai 2 hari sebelum hujan, hawa di permukaan bumi ( di sekitar kita, khususnya ) terasa gerah & terik. Sebagian panas matahari diserap bumi, sebagian lagi dipantulkan. Namun karena terhalang awan tebal, panasnya tidak ke mana-mana sehingga terasa gerah.

Hujan es  juga bisa terjadi karena adanya arus udara atas & bawah yang kuat yang membekukan air hujan di puncak awan. Jika air hujan sudah membeku di puncak, lalu menurunkannya ke tempat  yang lebih hangat  untuk menghimpun kelembaban sebelum siklus berulang. Semakin sering terjadi, semakin besar ukuran batu es sehingga semakin berbahaya untuk keselamatan penduduk.

Hujan es kemarin disertai juga dengan angin kencang. Alhasil, dampaknya bukan hanya terlihat di lingkungan sekolah saja, yang mana salah satu pagar roboh,  namun juga di rumah.  Beberapa pohon besar yang ada di sekitar rumah tumbang & kamarku khususnya yang terletak di lantai atas kena “imbasan” yang lewat melalui ventilasi di atas pintu.  Mulai dari lantai sampai seprei, basah! Masya Allah…

Hujan, panas, angin, salju… semua kejadian alam tentunya menunjukkan betapa besarnya kekuasaan Allah SWT.  Siapa pun manusia yang ada di bumi ini, setinggi apa pun jabatannya, sebanyak apa pun hartanya… tidak ada artinya dibanding kekuasaan Allah SWT. Semua bisa lenyap jika Sang Pemilik Alam menghendaki.  Nyawa kita bisa selamat pun karena Sang Pencipta menghendaki kita selamat. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita dari segala musibah & kejadian yang menakutkan, aamiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s