Just Sharing…

Bekerja di tempat baru memang butuh tenaga ekstra, kesungguhan belajar & beradaptasi dengan lingkungan baru. Bilamana di tempat kerja lama bulan ini baru mulai dengan ulangan harian pertama, lain halnya di tempat kerja baru. Mulai hari Senin besok adalah pekan ulangan harian kedua. Khusus untuk kelas akselerasi, ulangan besok adalah ujian kenaikan kelas. Karena aku diamanahi memegang dua level, yakni kelas 8 & 9, ditambah dengan kelas akselerasi, maka aku membuat soal untuk 3 macam kelas.  Ulangan harian cukup 15 soal, 10 PG & 5 Essay. Ujian kenaikan kelas 50 soal PG. Lumayan melelahkan …alhamdulillah bisa selesai tepat waktu.
Bulan ketiga berada di unit SMP adalah dunia baru bagiku yang telah bertahun-tahun berada di unit SD. Ada plus minus antara keduanya, namun aku meyakini bahwa apa yang aku jalani sekarang ini adalah bagian dari takdirNya. Terlebih yang kuhadapi adalah anak-anak dari keluarga “the haves” tentulah bukan perkara mudah untuk memancing motivasi & keseriusan mereka belajar. Aku sudah berusaha membuat pembelajaran dengan cara yang berbeda dari guru sebelumnya, yang menurut laporan mereka cukup dengan membaca, menghafal, & maju ke depan kelas. Saat aku ceramah seraya presentasi dengan Power Point, mereka tertarik untuk memperhatikan, namun nilai ulangan harian pertama yang bagus hanya diperoleh sebagian siswa saja. Sebagian siswa lagi mengaku tidak belajar dengan seribu satu alasan. Sama sekali tidak disadari bahwa masih banyak anak di luar sana yang tidak beruntung untuk bisa sekolah. Hal paling sepele namun sering terjadi, tidak adanya alat tulis jika diminta mencatat atau membuat review atas materi yang telah disampaikan. Sikap hormat pada guru pun adalah hal langka. Bahkan ditegur beberapa kali oleh Wakasek saat melanggar tata tertib, ditanggapi santai. Masya Allah... betul-betul ujian kesabaran….
Ulangan harian bukan satu-satunya penilaian dalam pelajaranku. Ada sikap belajar & ketrampilan atau pembuatan tugas. Sering kuisampaikan pada saat pembelajaran, khususnya di kelas-kelas tertentu, namun begitulah… sebagian siswa saja yang mendengar. Santai… itulah motto mereka. Ya Rabb, berilah aku kesabaran & kemampuan berbagi ilmu kepada mereka….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s