Mudik? Ayo! Kerja? Nanti Saja…

macetLiburan Lebaran lalu benar-benar membuat “senang” untuk sebagian besar orang. Pulang kampung alias mudik, bertemu keluarga & kerabat di kampung dengan menikmati hasil THR sepuasnya. Tidak peduli harus berkendaraan dalam situasi macet, yang penting bisa mudik untuk berlebaran bersama keluarga & kerabat tercinta. Semangaat!!….

Setelah kenyang dengan makanan ketupat & lauk pauknya, berkumpul silaturrahim, bahkan jalan-jalan ke tempat wisata bersama keluarga, tibalah waktu untuk kembali ke ibukota atau kota tempatnya mencari nafkah.  Duuh…, badan rasanya sulit untuk bergerak, sudah nyaman berada di kampung halaman.  Andai saja tidak ada “peringatan keras” dari pihak pimpinan, tentu waktu 2  atau 3 minggu bisa digenapkan menjadi sebulan penuh. Hemm…

Motto “bekerja adalah ibadah” menjadi dikalahkan oleh “bersilaturrahim mengundang pahala”  Tidak dipikirkan jika ada orang lain atau banyak orang yang “menunggu  sesuatu” dari apa yang biasa dilakukannya sebelum mudik.  Contoh paling nyata, sulit sekali menemukan tempe tahu karena sulit menemukan penjualnya. Kangkung, bayam, tomat, dll… harganya melambung tinggi karena demand yang tidak sebanding dengan supply.  Saat disadari kantong menipis, barulah… “mau tidak mau” kembali.

Wualah… orang-orang Indonesia, tidak bisakah kita bercermin pada budaya bangsa lain yang bisa pesat maju? Korea Selatan, misalnya… kini sudah bisa melampaui Jepang karena salah satu penyebabnya adalah masyarakatnya yang sangat menghargai waktu & bekerja all out.  Janganlah bermimpi “uang jatuh dari langit” & harus disadari & diyakini bahwa “bekerja adalah ibadah & agama mengharamkan kemalasan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s