Menghadapi “abg”

Memang tidak mudah menjadi guru di unit SMP. Menghadapi siswa yang termasuk golongan “abg” yang sudah kenal asmara bahkan ternyata banyak anak yang cukup berani berdua-duaan di depan gurunya. Astagfirullah… Di kelas suka cari perhatian pada lawan jenis, terutama jika yang dilihatnya itu cantik atau ganteng.
The worst, jika anak tersebut tidak memilki motivasi belajar, merasa sudah nyaman dengan apa yang diberikan oleh orang tuanya yang menjunjung materi di atas segalanya. Lingkungan rumah pun membiarkan terjadi… pacaran sambil sekolah. Atau sekolah sambil pacaran ya? Entahlah, yang pasti aku harus bisa menerima kenyataan itu….fall in love
Mengingat aku di masa dulu, persamaan aku dengan mereka ada yakni sudah mulai suka lawan jenis. Bedanya, aku & teman-teman angkatanku dulu tidak berani berekspresi di depan guru & selalu berusaha siap belajar saat di dalam kelas. Menghargai guru saat menerangkan & menghargai orang tua yang sudah bersusah payah mencari nafkah untuk membiayai sekolah. Jaman memang sudah berubah….
Yang pasti, aku merasa ini semua tantangan! Cukup berat karena tugasku bukan hanya mengajarkan apa yang ada di buku, namun mendidik mereka menjadi manusia yang berakhlak baik & bermotivasi tinggi menimba ilmu. 1 hal yang selalu kuyakini bahwa Allah tidak akan memberiku ujian jika aku tidak mampu karena apa pun kejadiannya, sudah sesuai takaranNya. Aku pasti bisa! Aku pasti bisa! Insya Allah….

Tinggalkan Balasan

