Kemuliaan Sya’ban Menyambut Ramadhan

Sore ini aku baru saja selesai menimba ilmu di Mesjid Al Barkah, salah satu pengajian yang diadakan tiap hari Minggu. Mengingat saat ini adalah bulan Sya’ban, sebulan menjelang bulan suci Ramadhan bagi umat Islam, maka tema yang diangkat adalah “Keutamaan Bulan Sya’ban”.

Tidak banyak orang yang mengetahui keistimewaan bulan Sya’ban padahal Rasulullah SAW sangat menyukainya & menganggapnya sebagai salah satu bulan istimewa karena menjelang hadirnya bulan Ramadhan. Di bulan ini terdapat beberapa peristiwa penting, seperti kejadian berpindahnya kiblat dari Baitul Maqdis (Palestina) ke Baitul Haram (Mekkah),  turunnya ayat untuk bershalawat kepada Muhammad SAW sebagai penghormatan umat muslim kepada nabinya (QS Al Ahzab:56), diangkatnya amal manusia sehingga Rasulullah SAW menganjurkan untuk berpuasa (sunnah) sebangaimana kita menjalankan shalat sunnah rawatib. Hal ini untuk melatih kita agar terbiasa berpuasa di bulan Ramadhan.

Ada pun amalan yang banyak dilakukan oleh umat Islam di negeri ini tentang Nisyfu Sya’ban yang mana jika dilakukan shalat & pembacaan surat tertentu maka akan dapat menolak bala & menyembuhkan penyakit, hal tersebut tidak ada dalam hadist. Sayang memang, terkadang tradisi yang ada dalam masyrakat kurang ditunjang oleh ilmu yang berdasarkan sumber yang shaheh.

Intinya, yang harus kita perhatikan di bulan Sya’ban ini adalah kesiapan & kesungguhan dalam menyambut bulan suci Ramadhan dengan memperbanyak amalan-amalan yang dicontohkan Rasulullah SAW. Mulai memperbanyak puasa sunnah & tadabur Qur’an serta berjuang membersihkan kotoran hati  agar Ramadhan betul-betul menjadi berkah & kita pun dapat meraih pahalaNya yang tertinggi yakni menjadi kembali fitrah yang artinya semua dosa kita diampuni & kita menjadi kembali bersih sebagaimana seorang bayi yang dilahirkan dalam keadaan suci, Insya Allah

Semoga Allah SWT masih memberikan kesempatan padaku untuk menikmati indahnya Ramadhan & mampu melakukan amalan-amalan terbaik agar aku meraih kemenangan menjadi golongan  hambaNya yang fitri, keselamatan di sisa umurku, & tersedianya tempat untukku di syurga kelak, aamiin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s