Fun Learning With Great Media

Teringat saat terakhir kali mengajak murid-muridku untuk belajar Bahasa Inggris. Tidak semua murid, hanya 24 orang saja dari 4 kelas, mengingat ini sebagai perkenalan media baru dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Lagipula waktunya juga “sudah lewat” karena sudah selesai UAS.   Kali ini  dengan media yang digunakan berasal dari  “Town For Kids” yang mana guru menjelaskan materi sambil memperlihatkan gambar & permainan kata melalui media elektronik. Ada pun materi yang disampaikan adalah tentang “Transportation”

Awalnya diperlihatkan vocabularies yakni beberapa kata sekaligus beberapa gambar dalam sebuah kotak. Jadi, murid-murid bisa langsung mengetahui arti dari tiap kata dalam vocabularies karena disertai oleh gambar.  Lalu setelah berlatih pronouncation atau pengucapan tepat tiap kata, diadakanlah games. Menebak & memasangkan secara tepat antara kata dengan gambarnya melalui “pena ajaib”. Diketukkan dua kali ke whiteboard, maka kotak yang berisi kata maupun gambar akan muncul. Tiap murid yang hadir diberi kesempatan untuk maju. Melatih konsentrasi sambil bermain, baik itu perorangan maupun per kelompok, group girls & group boys. Yang paling menarik adalah kemampuan media untuk merekam suara, sehingga bisa membantu guru untuk speaking test.

Di sesi terakhir, murid-murid diajak bernyanyi berpasangan. Lagunya sederhana namun menarik karena mereka harus bernyanyi sambil menggerakan bahu & lengan mereka bersama pasangan, seperti layaknya orang sedang mengayuh sampan di perahu. Judul lagu   adalah  “Row, row, row Your Boat

                                    Row, row, row, your boat…  Gently down the stream…

                                    Merrily, merrily, merrily, merrily… life is but a dream…

Fun_Learning[1]

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s