Kreatifitas Memanfaatkan Botol Plastik Bekas

Hari Jumat, jam terakhir adalah pelajaran Leadership. Pelajaran ini tidak ada penilaian kognitif, melainkan penilaian afektif dan psikomotorik saja. Pada pembelajaran terakhir menjelang UAS, kuminta mereka untuk mengisi waktu dengan berkreasi menggunakan botol air mineral bekas yang berbahan plastik.

Awalnya, pada seminggu sebelumnya, kuberikan mereka bayangan membuat beberapa hasta karya dari botol plastik bekas. Kuberikan sebuah contoh sederhana dengan membuat sebuah vas bunga. Mereka tertarik. Hampir semua murid berteriak mengungkapkan idenya dalam membuat hasta karya lain yang lebih menarik bagi mereka. Kupersilakan mereka untuk membuat kreatifitas sesuai keinginan mereka, namun dengan catatan tidak boleh menggunakan bahan-bahan lain yang mahal, tidak memakan waktu lama, (karena harus selesai dalam waktu 1 jam) dan harus diyakinkan cara pembuatannya. Mereka bekerja kelompok, tiap kelompok ada yang 2 orang, ada juga yang 3 orang. Minggu lalu adalah pembicaraan pertama dengan masing-masing kelompok tentang obyek apa yang akan dibuat, bahan & alat yang akan digunakan, perkiraan biaya, & cara membuat. Lalu disepakati dari tiap kelompok untuk siapa akan membawa apa.  4 hari sebelum hari H,  pembicaraan kedua & terakhir untuk mematangkan rencana. Sehingga pada saatnya tiba, tidak ada lagi kebingungan, semua harus sudah siap.

Botol_kreasi-1[1]Botol_kreasi-3[1]Botol_kreasi[1]Ada kelompok yang membuat roket, ada kelompok yang membuat pesawat, ada kelompok yang membuat tempat pensil, ada juga kelompok yang membuat vas bunga seperti yang aku contohkan namun mereka menghiasinya dengan imajinasi sendiri. Cat air, pita, kertas origami, & kokoru adalah hiasan-hiasan paling banyak digunakan mereka. Sebetulnya ada 1 kelompok yang berencana akan membuat mobil-mobilan, namun sayang gagal karena ada anggota yang lupa membawa bahan. Padahal sudah aku ingatkan berkaali-kali, tetap saja lupa! Alhasil saat praktek, kelompok tersebut ribut. Kusarankan untuk menggunakan bahan & alat seadanya saja, yang penting mereka tidak diam. Mereka tetap harus bekerja meskipun dengan konsekwensi tidak bisa mendapat hasil optimal.

Murid-muridku memang calon generasi bangsa yang patut dibanggakan… bukan hanya cerdas menyerap ilmu pada aspek kognitif, namun mereka pun mampu mengasah otak kanan mereka dengan menghasilkan kreatifitas. Murid-murid kreatif, guru pun bangga & bahagia…. Bukti_kreatifitas[3]

2 comments on “Kreatifitas Memanfaatkan Botol Plastik Bekas

  1. christine mengatakan:

    apa yang ad buat di atas itu sangat luar biasa
    saya suka dengan kreasi anda sekartang…..!!!

    • dewipangalila mengatakan:

      Terima kasih Mbak Christine… salam kenal dari saya… Apa yang saya lakukan pada murid-murid saya itu adalah mengasah kreatifitas mereka agar mereka terbiasa untuk menjadi orang-orang yang kreatif & bisa manfaat di masa depan, amiin…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s