Memahami Cerita Dengan Bertanya

Pelajaran bahasa meliputi banyak aspek, yakni mendengarkan, berbicara, membaca, & menulis. Pelajaran Bahasa Indonesia bagi sebagian anak cukup dengan mampu menulis huruf kapital, huruf tegak bersambung, dikte, dan membaca. Padahal yang sebetulnya adalah lebih dari itu! Saat membaca cerita, harus mampu memahami isi cerita dan menjawab pertanyaan sesuai cerita atau membaca dengan intonasi yang tepat.

Mengingat waktu UAS tinggal beberapa hari lagi, pelajaran Bahasa Indonesia hari ini kuisi dengan meminta murid-muridku membaca beberapa cerita yang ada di buku paket mulai dari Bab 4 sampai Bab 6 ( bab yang ada di Semester II ) .  Setelah selesai membaca, tiap dari mereka kupersilakan mencari pasangan, jadi mereka akan mengerjakan tugas yang kuberikan berdua bersama pasangan masing-masing. Setelah itu, aku bagikan selembar kertas kosong untuk ditulis oleh mereka. Ada pun tugas mereka adalah membuat 10 kalimat tanya berdasarkan cerita-cerita yang telah dibaca tadi. Kalimat tanya tersebut tidak boleh hanya satu macam kata tanya saja, namun harus terdiri dari beberapa macam kata tanya. Saat Semester I, aku  pernah mengajarkan mereka tentang “Kalimat Tanya” dengan kata-kata tanya seperti siapa, apa, mengapa, berapa, kapan, & bagaimana.   Mereka mengerjakan tugas yang kuberikan dengan kerja sama baik bersama pasangannya.

Sayang, waktu tidak cukup untuk sesi menukar hasil kerja dengan kelompok lain & saling menjawab hasil kerja kelompok lain. Besok ada waktu 2 jam pelajaran Bahasa Indonesia, maka kuniatkan untuk melanjutkannya & memberi latihan materi lain yang akan keluar UAS nanti. Harapanku, murid-muridku mampu memahami semua materi dari semua pelajaran dengan baik & berhasil memperoleh nilai-nilai terbaik saat UAS nanti, aamiin….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s