Pergi Ke Bandung Di Hari Terakhir Libur Panjang

Mendapat berita mendadak adanya saudara mama yang meninggal di Bandung pada hari Minggu (26/5) pagi, maka aku segera bergegas berangkat ta’ziyah ke sana. Memakai kendaraan umum, Bis AC Eksekutif Primajasa dengan tarif 40 ribu / orang. Pagi yang mendung mungkin menjadi salah satu penyebab kondisi jalan lenggang. Perjalanan dari Bekasi ke Bandung cukup 2 jam lebih sedikit saat keluar dari tol Bandung. Aku masih harus memakai kendaraan umum lain yakni angkot karena lokasi keluarga yang meninggal masih jauh, di Cimahi.
Suasana duka kutemui di rumah saudaraku. Aku tidak sempat bertemu jenasah karena sudah keburu dibawa ke pemakaman sebelum dzuhur. “Khawatir hujan,” kata saudaraku. Bersyukur, aku masih bisa bersilaturrahim dengan seluruh anggota keluarga di sana. Mereka pun memahami keterlambatanku & tidak bisanya aku ke pemakaman karena tidak tau jalan.
Pulang kembali ke Bekasi setelah shalat Ashar, pukul 16.00 dan memekan waktu 30 menit menuju terminal Leuwipanjang. Suasana di terminal ramai sekali karena kemarin adalah hari terakhir dariĀ long week-end. Bis yang akan aku naiki pun, hanya terlihat satu. Kulihat bis sudah terisi penuh penumpang. Beruntung, aku masih mendapat satu tempat duduk meskipun itu tempat duduk tambahan, bukan di kursi yang seharusnya, di depan di tengah-tengah, dekat supir. Menurut kabar, jika aku mau naik bis yang sama yang masih kosong, maka harus menunggu 1,5 jam lagi. Wah, sampai jam berapa di Bekasi jika harus menunggu selama itu? Aku pun nekad duduk dengan posisi yang “tidak nyaman” Sayangnya, pihak Primajasa tidak ada kebijakan yang membedakan tarif antara penumpang yang duduk di tempat nyaman dengan penumpang yang duduk di tempat yang tidak nyaman. Sama, 40 ribu. Supir pun membawa bis dengan cepat alias “ngebut” dan seringkali nekad menyalip dari kiri jalan. Berkali-kali aku & seorang ibu yang duduk tepat di belakang supir, berteriak menyebut asmaNya.
Berangkat dari terminal Leuwipanjang pukul 17.00 dan sampai di rumah pukul 20.30. Adanya perbaikan jalan di tol Cikampek ditambah kondisi hari terakhir long week-end membuat macet. Kondisi jalan tol yang macet, ditambah bis berhenti dua kali untuk dicek oleh petugas Primajasa. Lumayan melelahkan… Tidak lama, hujan turun lebat. Alhamdulillah, sudah selamat berada di rumah…

Tinggalkan Balasan

