Perlunya Instropeksi Diri

Maha Tinggi Allah, Raja yang sebenarnya, tiada Tuhan yang berhak disembah selain Dia, Tuhan yang memiliki Arsy yang mulia” (QS: 23: 116)

Mengikuti pengajian di Mesjid Al Barkah, Bekasi pada hari Ahad lalu (21/4/2013) yang dipimpin oleh Ustad Anwar Anshori menyajikan tema tentang “instropeksi diri / muhasabah”. Mengapa kita harus selalu instropeksi diri? Karena jelas, manusia tidak ada yang pernah luput dari salah/ khilaf. Qalbu yang kotor karena dosa dapat menjadi pendorong untuk melakukan perbuatan yang menyimpang dari tuntutan agama. Maka tiap aib diri harus dibersihkan jika kita ingin “selamat”

Banyak orang mengetahui bahwa ada syurga & neraka di alam selain dunia. Namun hanya sedikit orang yang menyadari bahwa tidaklah mudah menggapai bahkan masuk ke dalam syurga. Kehidupan kita yang kekal adalah kehidupan di akherat. Di sanalah Allah SWT akan meminta pertanggung jawaban tiap dari kita atas tiap perbuatan selama di dunia. Tidak ada seorang pun manusia yang dapat saling menolong saat dihisab kecuali amal perbuatan kita masing-masing. “Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan berkelompok untuk diperlihatkan kepada mereka balasan atas semua perbuatannya.” (QS:99:6)

Ulama di masa lalu sering melakukan 5 hal dalam hidupnya yakni Mu’ahadah, Muraqabah, Muhasabah, Mu’aqabah, & Mujahaddah. Intinya, kita sebagai manusia harus ingat perjanjian kita terhadap  Sang Pencipta saat ruh ditiupkan didalam perut ibu agar senantiasa meng-Esa-kan Allah, ditandai dengan keyakinan “aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah“.  Menggantungkan nasib diri kepada mahluk, meskipun orang tua sendiri adalah kesalahan & penyimpangan yang wajib diluruskan. Taat pada semua perintahNya & menjauhi semua laranganNya adalah hal yang terus ditanamkan pada diri. Jika suatu saat kita terpeleset ke jalan yang tidak benar, hendaklah segera bangkit & kembali. Ketaqwaan, istiqomah, konsisten beribadah, & baik dalam menjaga hubungan antar sesama… hendaklah terus diupayakan ada dalam diri. Allah selalu mengawasi tiap apa yang kita lakukan, bahkan isi hati kita yang terdalam sekali pun. Instropeksi… agar selamat hidup di dunia maupun di akherat kelak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s