Siswa Menceritakan Kembali Suatu Cerita

Mengasah kemampuan menulis pada siswa bukan hal mudah, namun juga bukan hal sulit. Setidaknya pada siswa-siswa kelasku, 2 Fatimah, yang alhamdulillah sebagai kelas unggulan. Diawali dengan kecintaan membaca atau lebih tepatnya, mendidik anak untuk cinta membaca, maka di dalam kelas ada “perpustakaan mini” . Buku-bukunya adalah buku-buku cerita yang dibawa oleh tiap siswa di bulan pertama mereka berada di kelas.
Tiap selesai mengerjakan catatan, latihan, atau tugas di kelas sebelum waktunya, maka mereka menghabiskan waktu dengan membaca buku-buku tersebut. Mereka boleh membaca sambil duduk di lantai maupun di bangkunya masing-masing. Saling bertukar buku, juga tidak apa-apa. Yang terpenting, mereka harus mengisi waktu yang tersisa dengan membaca, bukan bermain.
Sejak semester II, tiap hari Jumat, siswa dibiasakan untuk membaca di perpustakaan sekolah & menceritakan kembali ke dalam tulisan dari buku yang telah dibacanya. Tulisan terbaik diberi reward. Terkadang mereka tidak perlu menulis, melainkan lisan, baik perorangan maupun per kelompok.
Saat kerja kelompok, tiap anak menyumbangkan tiap kalimat lalu secara estafet dirangkai menjadi kesatuan cerita yang utuh. Terkadang disertai gambar, terutama jika ceritanya adalah dongeng terkenal seperti “Kisah Sangkuriang & Dayang Sumbi” Jadi, tiap kelompok bukan hanya merangkai kalimat namun juga merangkai gambar yang telah aku potong-potong kecil seperti puzzle.
Mereka tidak pernah mengeluh jika diberi tugas menceritakan kembali ke dalam tulisan. Karena sejak awal, aku terus mengatakan bahwa kebiasaan membaca & menulis akan berguna bagi masa depan mereka, terlebih saat mereka ujian kelulusan kelas 6 kelak.
Aku punya impian, salah satu atau beberapa dari siswaku akan dapat membuat buku yang dicetak di pasaran dan menjadi penulis yang berhasil, Insya Allah

2 comments on “Siswa Menceritakan Kembali Suatu Cerita

  1. Dedi Dwitagama mengatakan:

    Setuju bangeets bunda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s