Sedikit Mengetahui Sejarah Korea

Korea… Negara di Asia Timur yang beberapa tahun belakangan ini terkenal pesat perkembangannya, bahkan beberapa produk elektronik yang dihasilkan telah mengalahkan negara tetangganya, Jepang.

Dibalik keberhasilannya menguasai pasar internasional, terutama bagi Indonesia yang rakyatnya terkenal konsumtif, jarang dari kita mengetahui bahwa Korea adalah negara yang terbelah 2, bagian utara atau dikenal dengan Korea Utara & bagian selatan atau Korea Selatan.  How come?

Menurut catatan sejarah, konflik antara Korut & Korsel terjadi pada 25-6-1950 sampai 27-7-1953. Saat konflik terjadi, ada negara-negara besar yang terlibat di dalamnya. Amerika Serikat beserta para sekutunya seperti Kanada, Australia, & Britania Raya memihak Korsel. Sedangkan Uni Soviet & Republik Rakyat Cina memihak Korut. Bagi Korut, konflik tersebut sebagai perang pembebasan tanah air (Josoen), sedangkan bagi pihak AS, sebagai perang yang tidak diketahui, karena tidak ada deklarasi perang resmi dari Kongres AS.

Saat dikuasai oleh Jepang, Korea masih belum terpecah. Jepang yang dulu dikenal hebat dalam menguasai kawasan Asia Timur, pernah menjadikan Korea  sebagai protektorat melalui Perjanjian Eulsa pada tahun 1905, lalu melalui Perjanjian Aneksasi Jepang-Korea pada tahun 1910. Namun timbul pemberontakan dari kaum komunis Korea terhadap Jepang pada tahun 1919-1925.

Pada tahun 1937 Korea dianggap sebagai bagian dari kekaisaran Jepang bersama Taiwan yang merupakan bagian dari kawasan kemakmuran bersama Asia Timur Raya. Saat itu, adanya larangan pemakaian bahasa, sastra, & budaya Korea, diganti dengan budaya Jepang. Serta orang Korea harus mengganti nama mereka menjadi nama Jepang. The worst, pemerintahan Jepang menerapkan system kerja paksa (romusha) selama tahun 1938-1939.  Finally, para pria Korea dipaksa menjadi tentara Jepang pada tahun 1942. Akibat perlakuan Jepang tersebut, banyak patriot Korea yang mengungsi ke Cina & dibawah pimpinan Kim Il-sung, Korea bertempur melawan Jepang.

Pada November 1943 di Konfrensi Kairo, AS memutuskan bahwa Korea harus menjadi negara merdeka. Padahal sebelumnya, AS & US membuat perjanjian untuk membagi Korea menjadi 2 bagian “tanpa” melibatkan pihak Korea sendiri. US mendeklarasi perang pembebasan Korea dari Jepang pada 9-8-1945. Sehari setelah itu, Tentara Merah (US) berhasil masuk melalui Manchuria, lalu menduduki Korut & mengusir tentara Jepang. Sedangkan AS tiba di Incheon untuk menerima penyerahan Korsel dari Jepang pada 8-9-1945. Pemerintahan militer AS pun berkuasa di Korsel.

Seorang nasionalis yang bernama Syngman Rhee menentang perwalian US & AS di Korea karena menurutnya setelah 35 tahundikuasai oleh Jepang, maka rakyat Korea harus menolak dipimpin oleh pemerintahan asing. Ia pun diangkat menjadi Presiden oleh pemerintah resultan anti komunis & ia langsung mendirikan Republik Korea Selatan pada 15-8-1948. Sedangkan di zona pendudukan Rusia, US mendirikan pemerintahan Komunis Korea Utara yang dipimpin oleh Kim Il-sung.

Baik Syngman Rhee maupun Kim Il-sung, bermaksud menyatukan Korea namun di bawah system politik yang dianut oleh masing-masing pihak. Tentara AS mundur dari Korsel pada tahun 1949 dengan meninggalkan sedikit persenjataan, sedangkan US memberikan bantuan persenjataan dalam jumlah banyak ke tentara Korut.

Begitulah riwayatnya terjadi pemisahan Korut & Korsel. Perbedaan idealisme membuat  adanya Perang Dingin antara kedua negara. Bagaimana pun, kedua negara sebetulnya berasal dari satu nenek moyang & negri mereka terkenal dengan kekayaan alam, mineral, & bahan baku yang bisa dikembangkan. Semangat membangun negri dengan mengoptimalkan kemampuan diri & pengorbanan diri demi kemajuan bangsa, patut dicontoh oleh bangsa Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s