Akankah Terjadi Perang Saudara Kembali?

KOREA… Negara yang terdapat di kawasan Asia Timur yang kini sedang “panas”. Korea Utara bersiap akan memuntahkan rudal ke saudaranya sendiri, Korea Selatan karena dipicu oleh beberapa alasan.

Amerika… lagi-lagi merasa punya hak untuk mengatur negara lain. Bersama PBB, Amerika melarang keras Korea Utara membuat satelit & teknologi nuklir. Alasannya, akan mengancam keselamatan dunia. Padahal berkali-kali Korea Utara bersikeras bahwa uji coba bertujuan damai. Bagaimana dengan Korea Selatan, tidak pernah ada larangan apa-apa dari Amerika sehingga tentulah hal itu dianggap bentuk kemunafikan & ketidakadilan bagi Korea Utara.

Adanya hal lain yang dilakukan Amerika yakni melakukan latihan militer gabungan dengan Korea Selatan. Ditambah lagi, adanya beberapa pernyataan dari pemimpin Korea Selatan yang telah membuat Korea Utara tersinggung karena direndahkan harga diri & martabatnya. Kim Jong-un, pemimpin Korea utara kini, cucu dari pemimpin pertama negara ginseng tersebut, mengatakan dengan tegas bahwa negara telah terbiasa menghadapi tekanan & kelaparan bertahun-tahun. Jadi, tidak pernah takut pada sanksi. Alhasil… ketegangan yang kembali terjadi setelah bertahun-tahun dalam situasi “tenang” bahkan beberapa hari belakangan Korea Utara menyatakan siap perang dengan senjata nuklirnya.

Sasaran Korea Utara memuntahkan rudal mulai dari yang terdekat yakni Korea Selatan, sampai kepada yang jauh yakni Amerika. Hal tersebut menunjukkan bahwa Korea Utara telah membuat kemajuan teknologi roket atau rudal jarak jauh. Tentu saja Amerika menjadi serius menanggapi sehingga Pentagon pun menyiapkan rudal pertahanan.  Amerika juga menandingi dengan penyebaran pesawat-pesawat tempur & rudal pertahanan di sejumlah tempat strategis di kawasan Pasifik.

Duh, Korea… tidak bisakah menjaga perdamaian? Sedikit banyak, jika perang betul-betul terjadi, tentulah akan berimbas pada Indonesia. Sebagaimana kita sadari bahwa banyak mahasiswa/kaum pelajar & tenaga kerja berada di sana, terutama di Korea Selatan. Apakah tidak terfikirkan bahwa perang akan berdampak buruk pada perekonomian negara & perkembangan psikologis anak-anak? Korea Utara… tidak adakah cara lain untuk menyelesaikan masalah?  Korea Selatan… tidakkah ada keinginan untuk merangkul saudaranya itu dengan bekerja sama membangun ekonomi Korea yang lebih kuat lagi? Amerika… tidak adakah keinginan untuk minta maaf atas segala bentuk kepongahan & bersedia bertanggung jawab atas dampak perang di negara-negara sekitar Korea?

Korea Utara & Korea Selatan ,  kalian sebetulnya bersaudara, sadarilah itu !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s