Sekuntum Bunga Indah Dari Pakistan

Remaja cantik dari Pakistan yang bernama Malala Yousafzai (15 tahun) diberitakan masuk nominasi Nobel Perdamaian. Ia akan bersaing dengan beberapa tokoh terkenal dunia, yang salah satu diantaranya adalah mantan Presiden AS, Bill Clinton.

beautiful malalaSedikit mengingat tentang sosok seorang gadis yang bernama Malala bahwa ia adalah salah satu sosok remaja hebat yang telah berani memperjuangkan hak asasi perempuan dalam bidang pendidikan di negaranya, Pakistan. Akibat perbuatannya itu, ia ditembak oleh seorang militan Taliban pada bulan Oktober 2012 sebagai hukuman atas perannya dalam mengkampanyekan pendidikan bagi anak-anak perempuan.

Setelah dirawat secara intensif di Queen Elizabeth Hospital di Birmingham, Inggris selama berbulan-bulan, Malala kini sudah bisa berada bersama keluarganya lagi. Namun ia masih harus melanjutkan rehabilitasi di kediaman keluarganya sementara di Inggris.

Jika membandingkan Malala dengan remaja putri seusianya di negri ini, tentulah tidak fair.  Seorang seperti Malala “lahir” bukan hanya ia seorang yang cerdas dan pemberani, namun juga karena faktor keadaan. Pakistan yang sebagian daerahnya dikuasai oleh Taliban sangat tidak senang dengan perempuan yang berpendidikan. Mungkin dalam pikiran kaum militan Taliban, perempuan cuma untuk urusan dapur dan melayani suami di tempat tidur!

Bersyukur perempuan yang dilahirkan di negara yang menghargai hak asasi warganya untuk mengenyam pendidikan, termasuk bagi kaum perempuan. Berilmu hukumnya wajib. Allah pun lebih menyenangi hambaNya yang berilmu daripada hambaNya yang tidak berilmu.

Malala Yousafzai bagaikan sekuntum bunga indah yang harus dirawat agar saat tumbuh merekah, banyak orang di sekitar yang dapat mencium wanginya  dan menikmati keindahannya bahkan menarik manfaat lain seperti menjadikannya sebagai parfum. Perjuangannya patut diteladani oleh generasi muda seusianya dan dihargai kita semua….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s