Mengenalkan Lagu Nasional

Ada perbedaan saat aku bersekolah dulu & kini saat aku menjadi seorang guru di sekolah swasta. Jarangnya diadakan upacara bendera karena kondisi sekolah yang kurang mendukung menjadi salah satu penyebab anak-anak tidak kenal dengan lagu kebangsaan negri ini.bendera indonesia

 Aku cukup gemas saat mengetahui bahwa sebagian besar murid di sekolahku cuma kenal lagu “Indonesia Raya” serta “Hari Kemerdekaan” & “Halo-Halo Bandung”  Saat kulihat di dalam buku paket ada lagu “Dari Sabang Sampai Merauke” maka langsung kuajarkan mereka. Alhamdulillah, mereka antusias mempelajari lagu tersebut. Pada dasarnya, murid di kelasku suka bernyanyi. Tak jarang, aku menciptakan lagu sederhana dalam pembelajaran untuk memancing gairah & motivasi belajar mereka.

not balokLagu “Dari Sabang Sampai Merauke” pada awalnya  mereka nyanyikan secara perlahan setelah mendengar contoh lagunya dariku. Tempo dipercepat  setelah mereka mengulanginya 2x. Setelah lancar, satu per satu kupanggil ke depan kelas & bernyanyi lagu itu namun tetap sulit untuk bernada sesuai dengan aslinya. Akhirnya kuminta mereka mendengar ketepatan nada lewat alat music yang mereka miliki yakni pianika. Karena tidak mudah memang menyamakan nada lewat suara. Yang terpenting sebetulnya adalah murid-muriku kenal banyak lagu nasional.

 “Dari Sabang sampai Merauke, berjajar pulau-pulau… sambung menyambung menjadi satu, itulah Indonesia… Indonesia tanah airku, aku berjanji padamu… menjunjung tanah airku, tanah airku Indonesia…”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s