Perempuan dan Pendidikan Di Mata Islam

Islam tidak mengijinkan perempuan mengenyam pendidikan?  Sebagian orang meyakini hal itu, dibuktikan oleh tragedy Malala Yousafzai, di Pakistan. Benarkah Islam tidak menginginkan perempuan untuk mengenyam pendidikan?

a girl and booksBerbicara tentang Islam berarti kita mengacu pada kitab suci Al Qur’an yang di dalamnya terdapat ayat “IQRA” atau “Bacalah!”  (Q.S. 96:1) Al Qur’an bukan kitab suci yang ditujukan kepada laki-laki saja, tapi juga kepada perempuan. Itu berarti anjuran untuk “membaca” wajib bagi perempuan dan pastilah hal tersebut bertujuan demi kebaikan perempuan jua. Membaca dalam penafsiran yang luas bukan cuma sekedar bisa mengenal huruf, tapi berilmu dan berpendidikan tinggi. Untuk bisa berilmu dan berpendidikan, perempuan harus memiliki kemauan untuk belajar. Belajar bisa berhasil, salah satunya dengan senang membaca.  Reading is the heart of education

Agama menyebutkan bahwa Allah akan lebih menyukai hambaNya yang berilmu daripada hambaNya yang tidak berilmu. Sahabat Rasulullah, Ali bin Abi Thalib berkata, “Ilmu menjaga kita, sedangkan harta kebalikannya, kita yang menjaganya”

Indonesia  tidak membatasi tiap warganya untuk mengenyam pendidikan, termasuk pada perempuan. Siapa pun kita berhak untuk mengembangkan diri dan bercita-cita setinggi langit. Sayangnya, masih banyak perempuan yang belum bisa mengenyam pendidikan terlebih mereka yang tinggal di pelosok atau mereka yang tinggal di perkotaan tapi belum sadar untuk memanfaatkan kesempatan belajar seoptimal mungkin. Sekolah asal sekolah, cuma sekedar bertemu teman dan malas jika diperingatkan untuk belajar.  Menyedihkan….

Muslimah Indonesia, bangkitlah! Sisihkan rejeki kita untuk membeli buku dan tanamkan kecintaan untuk membaca agar terbuka wawasan dan pengetahuan. Jangan sampai menjadi muslimah yang lemah! Jangan malas menimba ilmu, ilmu dunia sekaligus ilmu akherat…

Bersama kita mengamalkan ilmu demi kemaslahatan umat, menerbarkan kebajikan, dan mewujudkan rasa syukur kita terhadap Allah SWT karena dengan pertolonganNya melalui Rasulullah SAW derajat perempuan diangkat dan tidak dibedakan dari laki-laki kecuali tingkat ketaqwaan kita. Semoga akan banyak perempuan di Indonesia terutama kaum muslimah yang berilmu dan berhasil meraih cita-cita, aamiin. 

2 comments on “Perempuan dan Pendidikan Di Mata Islam

  1. yanupamungkas mengatakan:

    subhanallah ..inspirasi banget:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s