My Belated Opinion About RSBI

RSBIPertama kali mendengar kata RSBI yang kependekan dari Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional beberapa tahun lalu, sempat membuatku tercenung. Sekolah di Indonesia tapi memiliki fasilitas dan pembelajaran internasional? Biayanya, pasti tidak mungkin murah… murid-muridnya pasti harus lewat seleksi ketat, baik itu kondisi kemampuan berbahasa asing juga kondisi keuangan keluarganya… guru-gurunya apakah mampu mengajarkan semua pelajaran dalam bahasa Inggris? Wah… pasti gengsi murid-murid maupun guru-guru di sekolah berlabel RSBI, cukup besar.

Awal tahun 2013 ini dunia pendidikan menerima berita bahwa Mahkamah Konstitusi (MK) membubarkan RSBI.  Keputusan tersebut tegas dan mengikat, jadi tidak akan diubah lagi karena harus segera diberlakukan. Like or dislike,  pemerintah yang dalam hal ini adalah Kemendikbud, wajib mematuhi amar keputusan itu. Artinya, segala kegiatan yang berkaitan dengan RSBI harus dihentikan!  Termasuk adanya plang RSBI harus diganti, kembali ke asal.

Membentuk generasi berkualitas memang bukan hak mutlak RSBI. Yang terlihat jelas adalah RSBI cuma memperlihatkan betapa mahalnya pendidikan yang berkualitas… sedangkan mereka yang berasal dari kalangan “biasa-biasa saja” maka akan memperoleh hasil pendidikan yang “biasa-biasa pula”   There’s obviously difference between the have and the have not… Diskriminasi? Jelas!

Sudah seyogyanya pemerintah Indonesia lebih bijak dalam mengambil keputusan. Niat untuk meningkatkan kualitas para pelajar sebagai  generasi muda bangsa tentulah baik, tapi apakah harus dengan cara membuat sekolah mahal dan menutup mata pada para pelajar yang berasal dari keluarga tidak mampu? Tentulah pemerintah tidak lupa bahwa masih banyak sekolah-sekolah di pelosok yang membutuhkan perhatian dan bantuan. Atau mungkin pengawasan penyaluran dana BOS ke beberapa sekolah agar tidak ada lagi suara-suara sumbang yang berteriak “mana bukti bantuan pemerintah”

pendidikan-siswaBerusaha terus agar dunia pendidikan Indonesia terus maju! Masih banyak mimpi bangsa yang harus diwujudkan oleh tangan-tangan generasi muda di masa depan sehingga berikan yang terbaik kepada mereka tanpa perlu ada lagi label RSBI. Keadilan akan melahirkan keberkahan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s