Secuil Sejarah Tentang Pendudukan Israel

Sedikit mengingat tentang sejarah Israel menguasai Palestina… Diawali oleh kejadian pada tanggal 5 Juni 1967 zionis Israel menyerbu posisi pasukan Mesir di Gurun Sinai, hingga pecahlah perang yang dikenal sebagai Perang 6 Hari.

israel-pesawat tempurSaat itu Israel melakukan serangan udara yang menghancurkan 286 pesawat tempur Mesir dengan mengakibatkan Angkatan Udara Mesir lumpuh. Di sisi lain, zionis Israel yang melalui darat menuju Gurun Sinai dan dalam waktu 3 hari selanjutnya, Israel berhasil menguasai Sinai.israel-jalur darat

Hari pertama perang, militer Jordania menembaki Jerusalem dan Tel Aviv. Pada akhirnya, Israel bisa menguasai  Jerusalem dan Tepi Barat. Suriah pun sebagai negara tetangga, menghujani Israel dengan tembakan di Dataran Tinggi Golan, yang dibalas sengit oleh Israel. Memiliki perlengkapan senjata yang lebih canggih, Israel berhasil menguasai Dataran Tinggi Golan. Kemenangan mutlak  menjadi milik Isreal karena berhasil merebut Jalur Gaza, Semenanjung Sinai di Mesir, Tepi Barat, dan Dataran Tinggi Golan.

Sekitar 1 juta warga Palestina kini berada dibawah kekuasaan Israel pada tahun 1967 karena Jalur Gaza dan Tepi Barat banyak dihuni oleh pengungsi Palestina. Para pengungsi Palestina tersebut adalah hasil perang Arab dan Israel pada tahun 1948.

Tahun 1980 Israel menyatukan Jerusalem Barat dan Timur, lalu mengklaim kota tersebut sebagai ibu kota negara. Palestina pun melakukan hal sama dengan mengkalim Jerusalem sebagai ibu kota negaranya. Kondisi itulah yang menjadi ganjalan menuju proses perdamaian Timur Tengah hingga sekarang.  Ditambah lagi Israel terus menerus membangun pemukiman Yahudi di wilayah pendudukannya dan tidak pernah mau diajak berunding demi perdamaian.israel-palestina

Palestina versus Israel…catatan sejarah sepanjang masa….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s