Luapan Rindu Yang Berujung Mules

mpek2 palembangHampir satu tahun aku tak bertemu ini…, mpek-mpek! Bukan saja karena tempat yang enak letaknya jauh tempatku tinggal, tapi yang lebih penting, kondisi perut yang sering tidak kompromi untuk merasakan nikmatnya kuah mpek-mpek yang berbumbukan cuka dan tentunya takkan lengkap jika tanpa disertai pedasnya sambal. Hemm… segar dan enaak…   Jika sore hari selesai bekerja, sering aku membayangkan bisa menikmati makanan khas Palembang itu.

Kerinduan untuk bisa menikmati mpek-mpek itu akhirnya terbayar saat salah seorang rekan kerja yang berasal dari Palembang tasyakuran pada  hari Sabtu kemarin. Seperti layaknya kita merindukan seseorang dan kemudian bertemu, maka setelah sambutan dan doa dikumandangkan, dengan bersemangat dan bahagia aku menuju meja makanan dihidangkan. Di sana ada pula tekwan, cup cake, dan cup pudding. Krupuk khas Palembang pun ada sebagai pelengkap dan jeruk. Aku tetap istiqomah dengan pilihanku, mpek-mpek!

Merasa perut sedang dalam kondisi normal, maka kuambil beberapa potong mpek-mpek ke dalam mangkuk disirami kuah dan sambal yang segar. Alhamdulillah… ketemu juga kita akhirnya, seruku dalam hati. Suapan demi suapan aku nikmati. 4 potong mpek-mpek kukira cukup untuk memenuhi isi perutku yang sebelumnya sudah kuisi dengan tahu goreng 2 potong. Potongan pertama masih tak ada masalah… tapi saat kumasukan lagi potongan kedua ke mulutku, waduh… perutku koq bereaksi? Satu suapan masih aku paksakan, tapi semakin melilit rasanya perutku. Duh, gawat jika aku nekad menghabiskannya.  Akhirnya… stop! Cukup sudah pertemuanku dengan mpek-mpek di hari itu. Perutku mules!

Tentu aku takkan menyalahkan mpek-mpek, tapi diriku sendiri yang sering tak bisa kontrol jika ketemu sambal, terlebih ditambahi kuah yang berbumbu cuka. Wuaduh, untung saja masih bisa kuat jalan pulang dan bersyukur ada persediaan obat di rumah. Duh, mpek-mpek… baru sebentar kita bertemu, harus berpisah lagi… kar’na untuk beberapa bulan ke depan, aku harus membuat perutku pulih dan betul-betul kuat jika bertemu denganmu lagi… Luapan rinduku ternyata berujung mules….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

