Awas! Penipuan Melibatkan Siswa…

Seorang wali murid datang menemuiku kemarin siang. Seperti biasa, penampilannya tenang dan aku pun menerimanya di ruang BK. Sebetulnya saat itu bukan waktunya menerima kunjungan, namun berdasarkan laporan guru piket ada hal urgen yang harus dibicarakan, maka aku bergegas menemuinya. Kebetulan saat itu bukan jamku mengajar.
“Ada apa, Ma?” tanyaku sambil tersenyum.
“Bu, maaf… tadi saya mendapat telepon, katanya anak saya, Fadli, jatuh dari pohon dan dalam keadaan kritis.”
Hah? Jatuh? Kritis? Padahal nama anak yang disebut itu sedang duduk manis belajar di kelas.
Wali murid itu pun menambahkan lagi, “Kata si penelpon tadi, ibu sendiri yang membawanya ke rumah sakit! Katanya, dia sekuriti, ibu yang menyuruhnya untuk menelpon saya. Dia menyebut nama ibu jelas tapi karena nomor ibu di saya hilang, saya tidak bisa menelpon langsung ibu tadi”
What?! Waduh… hebat sekali ini orang, bisa klop “menjual” nama wali kelas dan muridnya. Untunglah, wali murid tersebut tidak langsung panik karena ingat pernah diberi selembaran surat dari sekolah yang memperingatkan adanya modus operandi penipuan seperti itu di sekolah tahun lalu. Ternyata, tahun ini berulang kembali dan diawali dari siswaku dengan menghubungkan namaku sebagi wali kelasnya.
Ada-ada saja ulah orang iseng itu… Bagaimana jika yang menerima telepon adalah seseorang yang memiliki penyakit lemah jantung dan langsung lemas atau pingsan atau lebih parah dari itu?
MASYA ALLAH… Menipu orang lain demi meraup rupiah secara tidak halal. Menipu dengan melibatkan siswa yang memang kebetulan bersekolah di sekolah yang mahal. Membuat semua dari kita harus semakin waspada akan keselamatan para siswa, terutama siswa-siwa SD yang masih relatif lugu dan polos. Semoga tidak terjadi….

Tinggalkan Balasan

