Bersama Di Hari Pertama Sekolah

Hari pertama sekolah kemarin… Setelah dua minggu sejak pembagian rapor murid-murid dan para guru libur sekolah, akhirnya Allah mempertemukan kami kembali semua dalam keadaan sehat, alhamdulillah…
Seorang muridku yang tidak membawa buku pelajaran kecuali sebuah buku coretan dan buku penghubung, menangis setelah sadar bahwa hari pertama masuk artinya sudah mulai belajar seperti biasa. Aku mencoba menghiburnya dengan mengatakan tidak apa-apa karena kita cuma akan bercerita saat liburan dan mengingat beberapa pelajaran di semester satu lisan.
Beberapa murid sudah menceritakan kegiatannya selama liburan. Aku memang ingin mengasah kemampuan mereka bercerita dan setelah itu, mereka menulis pengalamannya masing-masing di buku tulisnya. Di semester dua, aku bertekad akan membuat murid-muridku lebih sering lagi menulis dan membaca. Tidak harus membaca buku pelajaran, tapi buku cerita yang kemudian mereka ceritakan kembali dalam bentuk tulisan singkat.
Sebagian dari mereka bercerita liburan ke luar kota. Ada yang ke Ambarawa, Cirebon, Semarang, Bandung, bahkan ikut arung jeram di Citarik. Ada juga yang bangga karena berlibur ke Monas, ha ha ha… Senang mendengarkan cerita mereka. Ingin sekali suatu hari nanti kau juga bisa berjalan-jalan keliling Indonesia, bahkan jika perlu ke luar negri. Berhubung kondisi saat ini tidak mendukung, aku baru bisa bermimpi saja dulu…
Seperti biasa pula di hari pertama masuk sekolah, murid-muridku mengadakan pemilihan ketua kelas baru dan para duta baru yang mewakili kelas. Ada duta diri, duta ibadah, dan duta lingkungan. Para duta diwajibkan bisa memimpin atau mengingatkan tanggung jawab teman-temannya untuk disipilin, baik itu saat pembelajaran di kelas, saat beribadah, maupun menjaga kebersihan kelas.
Semester dua kuharapkan murid-muridku bisa lebih meningkat motivasi belajarnya dan berprestasi lebih baik, aamiin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s